Kolinlamil Siap Dukung dan Sukseskan Gelaran KTT ASEAN 2023

Kolinlamil Siap Dukung dan Sukseskan Gelaran KTT ASEAN 2023
Kolinlamil Siap Dukung dan Sukseskan Gelaran KTT ASEAN 2023 (Foto : antvklik-Andy/Gofur)

AntvKolinlamil selaku unsur penting dalam jajaran TNI, khususnya Angkatan Laut siap mendukung dan menyukseskan pagelaran KTT ASEAN 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kolinlamil sendiri akan bertugas sebagai satuan yang akan membawa peralatan dan satuan tekhnis pendukung, seperti Satkomlek (satuan Komunikasi dan Elektronika) Mabes TNI.

Menurut Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, Kolinlamil sudah memberangkatkan KRI Banjarmasin 592 pada Senin, 1 Mei 2023 dengan membawa pasukan, Paspampres (Pasukan Pengaman Presiden).

Kolinlamil juga sudah memberangkatkan unsur pendukung lainnya seperti Satkomlek Mabes TNI, dan Sasiber TNI guna mempersiapkan jalannya acara KTT ASEAN 2023 mendatang.

"Tanggal 1 kemarin pukul 17:30 WITA saya sudah mendapatkan laporan bahwa KRI Banjarmasin 592 yg mengangkut personil maupun material dari Paspampres, terus Satkomlek Mabes TNI, maupun dari Sasiber Mabes TNI sudah bergeser dari Jakarta menuju Labuan Bajo, sekarang sdah existing disana, tinggal setting perlengkapan serta pasukan," ujar Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, Selasa (2/5/2023).

Selain itu Pangkolinlamil juga sudah menyiapkan pasukan yang tergabung dalam tim Gladi Tugas Tempur atau GLAGASPUR, dimana pada bulan februari kemarin sudah menjalani latihan secara terpadu.

Pangkolinlamil menegaskan bahwa jajarannya siap membantu mensukseskan acara KTT ASEAN 2023 sesuai dengan intruksi Panglima TNI, Laksamana TNU Yudho Margono.