Arus Balik Pemudik di Stasiun Gambir Jakarta, Terus Meningkat

Arus Balik Pemudik di Stasiun Gambir Jakarta, Terus Meningkat
Arus Balik Pemudik di Stasiun Gambir Jakarta, Terus Meningkat (Foto : antvklik-Restu Wulandari)

Antv – Mendekati puncak arus balik, jumlah pemudik yang kembali ke wilayah Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu kota Jakarta, terus meningkat. Di antaranya terlihat di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Peningkatan arus balik mulai terjadi pada 24 April dan diperkirakan akan berlangsung sampai 1 Mei mendatang.  Secara total pada Rabu 26 April 2023 terdapat sekitar 43.700  pengguna telah tiba.

Dari jumlah tersebut 16.400 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 16.200 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4200 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.500 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari massa normal," ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada awak media.

Puncak arus balik Lebaran 2023 diprediksi bakal kembali terjadi pada akhir pekan mendatang, yakni pada Minggu, 30 April 2023 hingga Senin, 1 Mei 2023.

“Kami juga memprediksi kemungkinan akan terjadi puncak arus balik lagi di tanggal 30 April dan tanggal 1 Mei,” kata Eva.

Prediksi puncak arus balik Lebaran ini berdasarkan data pemesanan tiket menuju Jakarta dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Eva mengatakan pemesanan untuk arus balik itu sudah mencapai sekira 40.500 tiket. Sehingga, masih ada kemungkinan penambahan pemesanan tiket untuk kereta api tujuan Jakarta.

“Artinya dengan rentang waktu mulai dari tanggal 27 sampai dengan 30 April atau tanggal 1 Mei, masih ada rentang waktu pemesanan tiket masih dijual dan memungkinkan untuk angka tersebut meningkat,” tuturnya.
KAI Daop 1 Jakarta juga melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.
Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan daop 1 jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider rumah sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

“Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga dihimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya,” kata Eva.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Sementara itu, pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir pada 26 April 2023 juga masih terlihat cukup ramai. Berdasarkan data dari Humas KAI Daop 1 Jakarta, okupansi penumpang pada Rabu 26 April masih cukup tinggi yakni 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

Tercatat pada Rabu 26 April volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir mencapai sekitar 11.000 dengan layanan 38 KA beroperasi. Pemudik dari Stasiun Gambir sendiri didominasi oleh pemudik tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Informasi arus balik pemudik di Lebaran 2023 ini dipersembahkan oleh:
Mie Sedaap, Lebaran, Sedaapin aja bareng Mie Sedaap! Dan Isoplus Coco, selalu jaga hidrasi dengan Isoplus Coco, Excellent Hydration!