Alami Pendarahan, Pemudik Dievakuasi Dokpol Polres Lampung Selatan dari Kapal di Pelabuhan Bakauheni

Alami Pendarahan, Pemudik Dievakuasi dari Kapal di Pelabuhan Bakauheni
Alami Pendarahan, Pemudik Dievakuasi dari Kapal di Pelabuhan Bakauheni (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Satgas VI Banpos Subsatgas Dokkes Sprint Operasi ketupat Krakatau 2023 Polres Lampung Selatan, merujuk pasien hamil dengan pendarahan dari kapal Windu Karsa Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (18/04/2023).

Mendapat informasi bahwa ada pemudik seorang wanita hamil yang mengalami pendarahan atas nama Pepiyanti Samandah (25) asal Bekasi tujuan Pekanbaru.

Petugas kesehatan berhasil mengevakuasi pasien dan memberikan pertolongan untuk di rujuk ke Rumah Sakit BOB Bazar (RSBB) Kalianda untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Kasubsatgas Dokkes Polres Lampung Selatan, Ipda Dr. Cantika Tara Sabilla menjelaskan, dirinya bersama team langsung mengevakuasi dari atas kapal dan memberikan pertolongan pertama setelah mendapat informasi tersebut.

“Saat kami mendapat informasi ada pemudik yang mengalami pendarahan di atas kapal. Kami langsung menuju ke lokasi kapal dan memberikan pertolongan pertama untuk penyelamatan nyawa, dengan memberikan infus kepada pasien dan langsung kami bawa ke Rumah Sakit Bob Bazar Kalianda untuk penindaklanjutan pertolongan medis," kata Ipda Dr. Cantika, Selasa (18/4/2023).

Hasil pemeriksaan tim kesehatan, kondisi Pepi kritis. Stamina tubuhnya lemah, diduga pasien ini kehabisan tenaga karena menahan sakit cukup lama selama perjalanan mudik. Kandungan Pepi yang berusia 11 bulan, kemungkinan juga tidak dapat diselamatkan.