Menteri BUMN Erick Thohir Tinjau Stasiun Pasar Senen: Kereta dan Pesawat Alternatif Bagi Pemudik

Menteri BUMN Erick Thohir Tinjau Stasiun Pasar Senen
Menteri BUMN Erick Thohir Tinjau Stasiun Pasar Senen (Foto : Istimewa)

AntvMenteri BUMN Erick Thohir bersama dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo meninjau kesiapan dan antisipasi puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Selasa (18/4/2023).

“Hari ini bersama Pak Dirut KAI, Pak Didiek, saya mengecek bagaimana kami mengantisipasi peningkatan mudik yang prediksinya naik sampai 40 juta (penumpang),” kata Erick saat melakukan jumpa pers di Stasiun Pasar Senen, Selasa (18/4/2023).

Erick Thohir mengatakan peningkatan kapasitas dilakukan PT KAI dengan memberangkatkan 53 tujuan perjalanan setiap hari, menyusul animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan mudik dengan moda transportasi kereta api.

“Mengapa KAI saya dorong untuk meningkatkan kapasitas, ini sudah ditingkatkan 53 tujuan per hari. Dan juga untuk supaya para penumpang punya ketertarikan lebih kami lakukan promo ‘cepat dan tepat’ apalagi dari direksi KAI juga buat inovasi seperti tiket promo, takjil, dan minuman,” ujar Erick.

Erick Thohir juga menilai, kehadiran BUMN di sejumlah moda transportasi umum diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan masyarakat untuk pulang kampung, sekaligus menekan penggunaan kendaraan pribadi.

“Dengan adanya BUMN di KAI dan pesawat terbang, diharapkan ini bisa menjadi alternatif. Masih banyak yang ingin memakai kendaraan pribadi, tapi tolong dihitung mekanisme waktunya, (potensi) macet, ongkos BBM, dan lainnya,” jelas Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir, kereta api menjadi alternatif, salah satunya untuk tujuan yang mudah, cepat, dan tepat.

Selain itu, pesawat terbang juga ada seperti Citilink dan kelas-kelas lain yang terjangkau.

"Itu menjadi alternatif karena jumlah pesawat terbang juga ditingkatkan,” imbuhnya.

Dirut KAI Didiek mengatakan puncak arus mudik akan terjadi pada 21 April atau H-1 Hari Raya Idul Fitri.

Ia mengimbau masyarakat untuk datang lebih awal di stasiun keberangkatan karena kereta api berangkat tepat waktu.

“Ini besok di tanggal 19 nanti (jumlah penumpang) akan naik lagi, dan puncaknya akan berada di tanggal 21, dengan antisipasi Lebaran pada tanggal 22 April,” tandas Didiek.