Dihempas Angin Kencang, Pohon Besar Tumbang Timpa Mobil dan Tutup Badan Jalan

Dihempas Angin Kencang, Pohon Besar Tumbang Timpa Mobil
Dihempas Angin Kencang, Pohon Besar Tumbang Timpa Mobil (Foto : antvklik-I Kadek Sugiarta)

Antv – Hujan disertai angin kencang menyebabkan pohon di Jalan HB Yasin, Kota Gorontalo tumbang dan menimpa satu unit mobil yang sedang terparkir di pinggir jalan, Jumat sore (7/4/2023).

Selain itu, batang pohon tersebut menutup jalan sehingga sempat menyebabkan kemacetan.

Petugas BPBD Kota Gorontalo mengatakan, Endy Junus Danyal mengatakan, tingginya curah hujan yang disertai angin kencang di wilayah Provinsi Gorontalo mengakibatkan kondisi tanah tidak mampu menahan dan menopang akar pohon yang ada, sehingga pohon yang berada di Jalan HB Yasin Kota Gorontalo, tumbang dan menutup badan jalan.

“Pohon tumbang ini gara-gara ujan tadi Bersama angin kencang. Akar pohon sudah tidak kuat menahan beban dari pohon itu,” jelas Endy Junus Danyal, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Gorontalo

Satu unit Mobil Honda Brio dengan Nomor Polisi DM 1019 AP yang tengah terparkir mengalami kerusakan yang cukup parah akibat tertimpa pohon tersebut.

img_title
Mobil Tertimpa Pohon yang Tumbang. (Foto: antvklik-I Kadek Sugiarta)


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun batang dan ranting pohon yang menutupi seluruh ruas jalan, mengakibatkan kemacatan.

Selain itu, tumbangnya pohon tersebut membuat arus listrik terganggu akibat sambungan kabel yang ada dilokasi turut terputus tertimpa pohon.

Tak berselang lama, Badan Penanggulan Bencana Daerah Kota Gorontalo langsung melakukan evakuasi dan membersihkan material pohon yang menutup ruas jalan dibantu oleh masyarakat setempat. Batang pohon dapat dibersihkan setelah satu jam.

"Kami  langsung mengerahkan 6 orang personil dengan menggunakan perlengkapan berupa mesin sensor untuk memotong dan membersihkan material pohon yang menutup ruas jalan" tutup Endy