Ini Pemicu Perampokan Bersenjata Api di Cilacap

Pelaku perampokan agen bank di Cilacap ditangkap polisi
Pelaku perampokan agen bank di Cilacap ditangkap polisi (Foto : Antvklik I DidietCordiaz/Semarang)

Antv –Unit Jatanras Polda Jateng mengamankan tiga pelaku perampokan bersenjata api terhadap agen bank bernama Nasirun di toko kelontong di Kaliwungu, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, pada Senin (27/3/2023) sekira pukul 14.30 WIB.

Para pelaku yang diamankan masing-masing bernama Saiun alias Buwang (39) warga Purwadadi, Jawa Barat, Sarwanto alias Iwan (40) warga Buay Madang Timur, Sumatera Selatan dan Sugiono alias Kowo (45) warga Semendawai Suku Lii, Sumatera Selatan.

Di hadapan polisi dan awak media, pelaku Buwang mengatakan korban merupakan tetangga dari saudara pelaku Sugiono.

Aksi kejahatan ini dipicu ketika Buang mendengar pertanyaan Sugiono kepada saudaranya yang akrab dipanggil Bibi ini. Pertanyaan yang Buwang lontarkan saat itu adalah apakah korban yang merupakan agen bank itu, bisa untuk mengambil uang senilai Rp. 5 juta.

“Saya bareng Sugiono mampir ke rumah bibinya. Tadinya gak sengaja, di rumah bibinya Sugiono tanya saya mau ngambil uang satu juta atau lima juta ada gak ya di bank Nasirun. Terus bibinya jawab, apalagi sih 5 juta, 100 juta atau 200 juta bisa, soalnya pak Kades sering ambil juga ada,” ujar pelaku Buwang saat rilis kasus di Mapolda Jateng, Senin (3/4/2023).

Setelah menerima informasi itu, kemudian ia dan Sugiono merancang aksi untuk merampok korban. Namun sebelum beraksi, ia pulang ke kediamannya terlebih dahulu.

“Saya nggambar (ngintai) bareng Sugiono. Kemudian saya pulang dulu ke Ciamis. Terus pas ketemu Sugiono lagi, dia tanya gimana (ngerampok),” tuturnya.