Dua Rumah Adat Minangkabau Bersama 9 Rumah Warga Lainnya Ludes Terbakar

Dua Rumah Adat Minangkabau dan 9 Rumah Warga Ludes Terbakar
Dua Rumah Adat Minangkabau dan 9 Rumah Warga Ludes Terbakar (Foto : antvklik-Wahyudi Agus)

Antv – Kebakaran hebat melanda Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu (02/04/2023) pukul 10.51 Wib. Akibatnya 11 bangunan yang berada di Jorong Tanjung, Nagari Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih ludes dilalap si jago merah. Dua diantaranya merupakan Rumah Adat Minang, yang rata dengan tanah akibat kebakaran.

Bangunan rumah gadang terbuat dari kayu membuat api dengan mudah menghabiskan bagian bagian rumah bahkan api terus merayap ke rumah lainnya. Tak dinyana, kobaran api yang membesar membuat warga yang sedang menjalankan ibadah puasa langsung panik.

Saking besarnya kebakaran, Pemadam Kebakaran Kabupaten Solok pun meminta bantuan kepada tetangganya yakni Damkar Solok Kota, Padang Panjang dan Tanah. Juga tentunya dibantu masyarakat sekitar yang berjibaku memadamkan api.

“Kami menerima laporan dari warga itu sekitar jam 10.51 Wib bahwa ada kejadian kebakaran di Jorong Tanjuang, Nagari Muaro Pingai , dan kami langsung bergerak menuju lokasi lebih. Karena ini pemukiman pada penduduk kami melihat potensinya agak rawan, jadi kami meminta bantuan Damkar tetangga,” ujar PLH KasatPol PP & Damkar Kab.Solok Aida Herlina.

Aida Herlina sebutkan, api yang berkobar di kawasan padat penduduk hingga membuat warga sekitar panik dan berhamburan keluar rumah. Beruntung tak ada korban jiwa, namun dari jumlah rumah yang terbakar, kerugian diperkirakan hingga ratusan juta rupiah.

Adapun bangunan yang terbakar terdiri dari dua unit rumah gadang (rumah adat Minangkabau), empat unit rumah permanen, empat unit kios semi permanen dan satu unit kios permanen.

"Sampai saat ini sumber api yang menjadi penyebab kebakaran belum diketahui namun masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," ungkapnya. Untuk penanganan, sampai saat ini korban kebakaran sudah di berikan bantuan oleh dinas sosial Kabupaten Solok, serta di buatkan posko untuk sementara.