Positif RDT di Angka Nol, Leptospirosis di Pacitan Zero Kasus

Positif RDT di Angka Nol, Leptospirosis Pacitan Zero Kasus
Positif RDT di Angka Nol, Leptospirosis Pacitan Zero Kasus (Foto : Antvklik | Irwansnyah/ Sumbawa)

Antv –Upaya pemantauan dan pengendalian kasus leptospirosis di Kabupaten Pacitan masih terus dilakukan Dinas Kesehatan, meski angka positif dan kematian tak sehebat beberapa pekan sebelumnya.

Salah satu strategi pemerintah daerah untuk mengendalikan leptospirosis lebih cepat, yaitu dengan gerakan bersama penanganan, pengendalian hingga pemulihan sektor ekonomi.

PLT Kepala Dinas Kesehatan, dr. Daru Mustiko Aji mengatakan, laporan kasus aktif serta pengamatan kasus sejak 17 Maret 2023 penambahan kasus positif RDT sudah menunjukan angka nol.

Dengan demikian apabila diakumulasi, kasus aktif minimal 1 kali masa inkubasi (7 hari) sudah terlampau tanpa ada penambahan kasus baru.

"Angka itu, kasus aktif masih tetap ada karena memang penanganan belum sepenuhnya tuntas. Masih ada temuan suspect akan tetapi langsung tertangani dengan baik, sehingga terhenti tidak ada yang dirawat jalan atau rawat inap," kata dr. Daru, Selasa (28/03/2023).

Menurut dr. Daru, sistem penyelidikan epidemiologi kader kesehatan sebagai pintu utama kecepatan informasi dan penanganan kasus akan terus di laksanakan sepanjang tahun ini terutama musim yang beresiko seperti musim hujan dan musim panen.

Peran Dinas Kesehatan sebagai garda depan dalam penanganan penyakit menular dan tidak menular sudah menunjukan semangat kolaborasi.