Membandel Ingin Perang Sarung, Sejumlah Remaja di Gunungkidul Ditangkap Tangkapi Polisi

Perang Sarung, Sejumlah Remaja Ditangkap Tangkapi Polisi
Perang Sarung, Sejumlah Remaja Ditangkap Tangkapi Polisi (Foto : antvklik-Lucas Didit)

Antv – Jajaran Porles Gunungkidul, DI Yogyakarta, membubarkan rencana perang sarung di kawasan Terminal Dhaksinarga di Kalurahan Selang, Wonosari pada Minggu (26/3/2023), sekitar pukul 00.30 WIB.

Menurut Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri, ada 7 remaja yang diamankan dari aksi tersebut. Mereka tertangkap saat aparat melakukan patroli.

"Saat personil kami berpatroli, mendapati para remaja ini sedang bergerombol di sekitar terminal bus di Kalurahan Selang, Wonosari," kata Edy, Minggu (26/3/2023).

Saat itu, lanjut Edy, ada 2 kelompok remaja yang ada di sana. Mereka hendak saling serang menggunakan sarung yang ujungnya sudah diikat dan diisi dengan berbagai benda keras untuk melukai.

Curiga dengan para remaja tersebut, polisi yang sedang patroli kemudian mendekati mereka.

"Mereka sempat berusaha kabur, tapi anggota kami langsung bergerak cepat mengamankan mereka," ungkapnya.

Ke-7 remaja tersebut kemudian digelandang ke Mapolres Gunungkidul bersama barang bukti sarung berikut sepeda motor yang mereka gunakan.

Edy mengatakan, para remaja ini seluruhnya masih di bawah umur, dan semuanya masih berstatus pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Ini patut disayangkan, terlebih usianya baru sekitar 13-14 tahun. Di mapolres langsung kami berikan pembinaan sebelum anak-anak tersebut kami lepas," ujarnya.

Selain pembinaan, pihaknya juga berkomunikasi dengan wali dari masing-masing anak.

Edy berharap agar para orang tua lebih intensif memberikan pengawasan terhadap aktivitas anak-anaknya di luar rumah, terlebih di bulan puasa seperti saat ini.

"Jangan sampai ini menjadi bibit kejahatan jalanan, dimana kami tidak akan memberi toleransi bagi pelakunya," pungkas Ed.