Pelancong, Wisata Bromo Akan Ditutup Selama Perayaan Nyepi

Pelancong, Wisata Bromo Akan Ditutup Selama Perayaan Nyepi
Pelancong, Wisata Bromo Akan Ditutup Selama Perayaan Nyepi (Foto : Pixabay)

Antv – Para pelancong yang berniat berlibur di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, pada bulan Maret ini, kawasan wisata akan tutup selama perayaan Nyepi.

Jadi bagi para wisatawan harus mengecek ulang jadwal jalan-jalan mereka karena kawasan Gunung Bromo akan ditutup saat berlangsung perayaan Nyepi.

Penutupan tersebut berdasarkan surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo. Surat bertanggal 2 Maret 2023 tersebut menyampaikan pemberitahuan tentang Hari Raya Nyepi.

"Penutupan kegiatan wisata Gunung Bromo ini dalam rangka ritual Nyepi 1945 Saka. Penutupan wisata ini dilakukan mulai Rabu 22 Maret pukul 06.00 sampai dengan Kamis 23 Maret 2023 pukul 06.00 WIB," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Hendro Widjanarko, Jumat (10/3/2023).

Dalam rangka Nyepi ini, sejumlah pintu masuk menuju wisata Gunung Bromo ditutup. Jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura. 

Sementara, jalur dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari. Kemudian, jalur dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang.

"Dengan pengumuman ini, disampaikan untuk menjadi perhatian kepada masyarakat, pengunjung dan pihak-pihak terkait," ujarnya.