Kecolongan, Putin Perketat Perbatasan Pasca Serangan Pesawat Nirawak Ukraina

Rusia Kirim Pernyataan Mengejutkan
Rusia Kirim Pernyataan Mengejutkan (Foto : Pixabay)

Antv – Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan pada 28/2/2023 menembak jatuh tiga pesawat nirawak Ukraina di wilayah udara Rusia. Salah satunya jatuh 100 km dari kota Moskow. 

Dikutip dari Aljazeera, Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan perintah untuk memperketat penjagaan serta kendali atas wilayah perbatasan dengan Ukraina setelah insiden serangan pesawat nirawak Ukraina kembali terjadi bahkan mengancam kota Moskow yang kemudian memantik eskalasi ketegangan baru pada tahun kedua konflik Rusia-Ukraina. 

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan pada Selasa (28/2/2023) telah menembak jatuh satu pesawat nirawak Ukraina pada jarak 100 kilometer (60 mil) dari arah tenggara ibukota Moskow, sementara dua pesawat nirawak lainnya ditembak jatuh di bagian selatan Rusia.

img_title
Pesawat Nirawak Ukraina tipe UJ-22 yang ditembak jatuh di Rusia. (Foto: The Guardian)

Seperti dilansir oleh The Guardian, serangan pesawat nirawak kelas militer itu telah menimbulkan kekuatiran di Rusia, manakala diberlakukan larangan terbang di wilayah udara St. Petersburg dan para peretas berhasil menayangkan peringatan palsu serangan udara di beberata televisi Rusia dan stasiun radio di wilayah Moskow dan St. Petersburg, termasuk daerah sekitar perbatasan dengan Ukraina, Voronezh dan Belgorod. 

Sejauh ini dilaporkan bahwa tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam serangan tersebut. 

"Perihal insiden jatuhnya pesawat nirawak di Distrik Kolomna, target serangan kemungkinan ditujukan pada fasilitas infrastruktur sipil, yang berhasil digagalkan," ujar Gubernur Wilayah Moskow Andrei Vorobyov dalam sebuah pernyataan pers.