Putin : Rusia Tetap Lanjut Menambah Kekuatan Triad Nuklir

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto : Reuters)

Antv – Dalam rekaman video resmi yang dirilis oleh Kremlin, Presiden Rusia Vladimir Putin kembali menegaskan bahwa Pemerintah Rusia akan terus mempercepat program pembangunan kekuatan Nuklirnya, bahkan Pemerintah Rusia akan memproduksi rudal jelajah hipersonik Zircon secara massal dalam waktu dekat.

Hal tersebut disampaikan oleh Putin dalam pidato menyambut hari libur nasional Hari Pembela Tanah Air Rusia (Defender of the Fatherland day) pada Kamis 23 Februari 2023. Putin juga menyampaikan bahwa Rusia akan terus mempersenjatai pasukan tentaranya dengan peralatan paling mutakhir. 

"Seperti pernyataan saya sebelumnya, kami akan fokus menambah kekuatan triad nuklir kami," ujar Putin mengenai triad nuklir yang berbasis di darat, laut dan udara. 

img_title
Peluncuran Rudal Jelajah Antar Benua SARMAT pada 20 April 2022. (Foto: Reuters)

Putin menyatakan bahwa untuk pertama kalinya, rudal balistik antar benua Sarmat yang mampu memuat beberapa hulu ledak nuklir sudah tersedia dan siap dikirim pada tahun ini. 

"Kami juga akan melanjutkan produksi massal sistem persenjataan rudal jelajah hipersonik udara-ke-permukaan Kinzhal dan menimbun pasokan rudal jelajah hipersonik berbasis laut Zircon secara massal," tambahnya. 

img_title
Peluncuran Rudal Jelajah Hipersonik Zircon. (Foto: Reuters)