Menkes Sasar Daerah Terpencil Tingkatkan Akses Kesehatan

Menkes Sasar Daerah Terpencil Tingkatkan Akses Kesehatan
Menkes Sasar Daerah Terpencil Tingkatkan Akses Kesehatan (Foto : Kemenkes RI)

Antv – Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap kesehatan di daerah terpencil masih minim, seperti di Kabupaten Nias Utara.

Upaya tersebut agar seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama, kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, saat melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Nias Utara pada Jumat (17/2/23).

Pada kesempatan itu, Budi meninjau Rumah Sakit Pratama Nias Utara dan UPT Puskesmas Lotu serta melaksanakan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara di Aula Pendopo Bupati.

Budi mengatakan Nias merupakan salah satu daerah terpencil Indonesia. Kunjungannya ke Kabupaten Nias Utara untuk meninjau langsung kondisi fasilitas kesehatan di sana.

“Jadi saya lihat kira-kira apa yang kurang, cuma saya mau pastiin nanti harus ada perubahan,” ujarnya.

Saat ini jumlah rumah sakit di Kabupaten Nias Utara hanya ada 1 rumah sakit yakni Rumah Sakit Pratama Nias Utara dan terdapat 11 Puskesmas.

Dari kedua jumlah fasilitas kesehatan tersebut hanya ada 27 dokter dan 1 di antaranya dokter spesialis anak, 4 dokter Nusantara Sehat.