Tim SAR Gabungan Evakuasi 3 Orang Nelayan di Pulau Sertung Lampung

Tim SAR Gabungan Evakuasi 3 Orang Nelayan di Pulau Sertung
Tim SAR Gabungan Evakuasi 3 Orang Nelayan di Pulau Sertung (Foto : antvklik-Pujiansyah)

AntvTim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi tiga orang nelayan Laksana Jaya yang terdampar di Pulau Sertung, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan usai kapal yang ditumpanginya karam dihantam ombak besar, pada Rabu (15/2/2023).

Ketiga nelayan yang dievakuasi Tim SAR Gabungan dari Pulau Sertung yakni Ramdani (26), Roidin (18), dan Sonjaya (28) warga Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Sementara nahkoda kapal Laksana Jaya yakni Sohari (35) diselamatkan oleh kapal nelayan lainnya sedang memancing.

Peristiwa karamnya kapal nelayan Laksana Jaya ketika kapal dengan awak 4 orang nelayan mencari ikan di sekitar perairan Pulau Sertung pada Rabu (15/2/2023). Kemudian pukul 16.00 WIB, tiba-tiba ombak besar menghantam kapal sehingga menyebabkan kapal pecah.

Seluruh isi kapal memutuskan melompat ke laut sedangkan kapal akhirnya karam. Nahkoda kapal berhasil selamat dan dievakuasi dengan kapal nelayan yang melintas, sedangkan 3 orang nelayan berhasil menyelamatkan diri ke Pulau Sertung.

Nahkoda kapal kemudian melaporkan kejadian itu ke pengurus koperasi nelayan yakni Sobri untuk meminta evakuasi tiga orang rekannya yang masih berada di Pulau Sertung. "Kami menerima laporan dari pengurus koperasi nelayan untuk melakukan evakuasi 3 nelayan di Pulau Sertung," kata Febri Yanda, Koordinator Pos SAR Bakauheni, Kamis (16/2/2023).

Febri Yanda menjelaskan, menindaklanjuti laporan tersebut Basarnas Lampung mengerahkan 1 tim Rescue untuk melaksanakan evakuasi nelayan selamat tersebut. Namun dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik dan gelombang tinggi, tim SAR Gabungan akhirnya melaksanakan evakuasi pada Kamis (16//2/2023) pukul 06.00 WIB.

"Ketiga korban selamat telah berhasil dievakuasi ke Dermaga Muara Piluk dan diserahkan kepada pihak keluarga," pungkas Febri.