Bukit Setinggi 100 Meter di Gunungkidul Longsor Timbun Jalan Kabupaten

Bukit Setinggi 100 Meter Longsor Timbun Jalan Kabupaten
Bukit Setinggi 100 Meter Longsor Timbun Jalan Kabupaten (Foto : antvklik-Lucas Didit)

Antv – Sebuah bukit di wilayah Kalurahan Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul, dilaporkan longsor pada Rabu (16/02/2023) siang. Akibatnya, material longsor menutup jalan kabupaten dan menimbun aliran sungai yang ada di bawahnya. 

Dijelaskan oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul , Subarno, titik longsor yang berada di Pedukuhan Tegalrejo, Kalurahan Tegalrejo tersebut, terjadi sekitar pukul 12.40 WIB siang tadi.

"Yang tertutup akses jalan Tegalrejo - Mertelu, Gedangsari. Bukit yang longsor memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan lebar 200 an meter," kata Subarno, Kamis (16/2/2023) petang. 

Selain itu, lanjutnya, material longsor juga menimbun jalan kabupaten yang ada di bawahnya sepanjang 70 meter, yang menjadi akses utama 5 pedukuhan yang ada di Tegalrejo dan akses ke Kalurahan Mertelu, termasuk menutup aliran sungai. 

"Akses jalan warga setempat terpaksa dialihkan dengan adanya longsor ini, menggunakan jalan memutar melewati Trembono," lanjutnya.

Terpaksa warga harus jalan memutar lebih jauh hingga sekitar 5 kilometer dari biasanya.

"Hingga saat ini assesmen masih kami dilakukan, termasuk koordinasi dengan instansi terkait dalam rencana penanganan longsor tersebut," kata Subarno.