Hujan Deras, 3 Sekolah di Gunungkidul Terendam Banjir

Salah Satu Sekolah di Kapanewon Girisubo Terendam Banjir.
Salah Satu Sekolah di Kapanewon Girisubo Terendam Banjir. (Foto : Antvklik/Lucas Didit)

Antv – Hujan deras dengan intensitas sedang hingga tinggi yang melanda kawasan Gunungkidul sejak Senin malam (13/3/2023) kemarin, mengakibatkan sejumlah sekolah di wilayah Kapanewon Girisubo terendam air.

Pihak sekolah terpaksa meliburkan siswanya dan belajar di rumah masing-masing. Panewu Girisubo, Slamet Winarno, mengatakan, hujan deras dan disertai angin kencang melanda wilayah Girisubo sejak Senin (13/2/2023) kemarin.

"Hujan deras berlangsung cukup lama. Bahkan Selasa (14/2/2023) pagi ini masih berlangsung hujannya," kata Slamet, saat ditemui wartawan, Selasa (14/2/2023).

Akibatnya, lanjut Slamet, sejumlah fasilitas umum terendam banjir genangan. 3 sekolah di antaranya SD Negeri Pucang, SMP 1 Girisubo, dan SDN Kandri tergenang banjir. Tidak ada terjadi kerusakan yang berarti, karena pihak sekolah sudah mengantisipasinya.

"Pihak sekolah sudah mengevakuasi barang-barang yang mereka miliki ke tempat yang lebih aman karena memang lokasi tersebut langganan banjir," ujarnya.

Menurut Slamet, ketiga sekolah yang terendam banjir tersebut posisinya memang berada di kawasan yang rendah atau cekungan. Sehingga bila terjadi hujan deras dan berlangsung cukup lama, maka dapat dipastikan akan terendam air.

"Saat ini air yang merendam sekolah tersebut mencapai 30-50 cm. Pihak sekolah sementara meminta siswanya untuk belajar di rumah, dan pembelajaran dilakukan secara daring agar para siswa bisa tetap belajar. Sekarang kami masih melakukan pemantauan, mudah-mudahan hujan segera reda," terang Slamet.