Kemenkes Targetkan Semua Rumah Sakit Bisa Layani Pasien Kanker

Kemenkes Targetkan Semua Rumah Sakit Bisa Layani Pasien Kanker
Kemenkes Targetkan Semua Rumah Sakit Bisa Layani Pasien Kanker (Foto : Kemenkes RI)

Antv – Kementerian Kesehatan RI menargetkan semua penduduk Indonesia terutama di daerah terpencil bisa mendapatkan akses layanan kanker serupa dengan di perkotaan.

Sebagai model percontohan dan percepatan target tersebut, Kemenkes menjalin kerja sama dengan The University of Texas MD Anderson Cancer Center dan melakukan kunjungan ke RSUP Ngoerah dan RSUD Bali Mandara.

Direktur Utama RS Kanker Dharmais dr. R. Soeko Werdi Nindito, MARS mengatakan Rumah Sakit Kanker Dharmais sebagai unit pelaksana kerja sama,  akan menindaklanjuti kolaborasi tersebut.

“Kita juga mensosialisasikan kepada MD Anderson bagaimana sistem layanan kanker nanti ke depannya, bahwa ada rumah sakit vertikal Kemenkes di Bali seperti Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah dan rumah sakit kabupaten/kota seperti Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara yang akan memberikan layanan kanker,” ujar dr. Soeko saat kunjungan ke RSUP Ngoerah, Bali, Senin (6/2).

 

Jenis kanker yang paling banyak menyerang warga Indonesia adalah kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker kolorektal, dan kanker lever.

“Kerja sama ini dilakukan supaya masyarakat di daerah terpencil lebih cepat dan lebih mudah untuk mendapatkan akses kesehatan yang sama seperti masyarakat di kota besar,” ucap dr. Soeko.