Menteri PUPR Kembangkan Wisata Air Suci Waisak di Temanggung

Menteri PUPR Kembangkan Wisata Air Suci Waisak di Temanggung
Menteri PUPR Kembangkan Wisata Air Suci Waisak di Temanggung (Foto : antvklik-Purnomo Gujiih)

Antv – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mendukung pengembangan kawasan wisata Air Suci Waisak Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dengan membangun beberapa sarana pendukung.

Kawasan tersebut diharapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Temanggung, yang merupakan salah satu tempat wisata religius bagi umat Buddha.

Wisata religius Umbul Jumprit yang berada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, merupakan salah satu tempat yang dikembangkan menjadi wisata nasional oleh Kementerian PUPR.

Pembangunan kawasan ini dilakukan secara terpadu dengan insfrastruktur, terutama jalan sanitasi, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, serta perbaikan hunian penduduk berdasarkan rencana induk pembangunan insfrastruktur.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, Insfrastruktur yang telah dibangun di kawasan Wisata Umbul Jumprit yaitu pembangunan jalan, penyediaan air baku dan air bersih bagi 6 desa, penataan tempat wisata, serta pembangunan rest area yang menelan total anggaran dari APBD tahun 2022 sekitar Rp20 miliar.

Infastruktur untuk pendukung penyehatan lingkungan juga disediakan toilet wisata, tempat pengelolaan sampah, dan sistem penyediaan air minum.

"Tidak hanya wisata yang super prioritas seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, atau yang kemarin diresmikan Pak Presiden di Manado, tapi juga wisata wisata desa, kalau itu potensial kita dukung. Ini salah satunya di Jumprit ini salah satunya. Tempat lain pun kita buat penataan kawasan wisata desa seperti ini yg cukup besar dan potensial," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Senin (23/1/2023).