Heboh, Ribuan Ekor Ikan di Waduk Kedung Ombo Boyolali, Mati Massal

Heboh, Ribuan Ekor Ikan di Waduk Kedung Ombo Boyolali, Mati Massal
Heboh, Ribuan Ekor Ikan di Waduk Kedung Ombo Boyolali, Mati Massal (Foto : antvklik-Agus S)

Antv – Ribuan ekor ikan milik petani karamba di Waduk Kedung Ombo, Boyolali, Jawa Tengah mati massa dan menjadi peristiwa yang kedua di tempat ini, setelah sebelumnya terjadi pada tahun 2018.

Akibat matinya ribuan ekor budidaya jenis Ikan Emas dan Nila itu, membuat para petani mengalami kerugian miliaran rupiah.

Saat dikonfirmasi, Minggu (1/1/2023), salah satu petani ikan, Marno (38) mengatakan, ikan jenis emas dan nila yang ia budidayakan di Waduk Kedung Ombo mengalami mati massal sejak Sabtu (31/12/2022).

Narno menuturkan, total ikan miliknya yang mengalami mati mencapai 2 ton. Cuaca buruk menjadi penyebab matinya ikan-ikan.

"Cuacanya dingin gak ada panas, oksigen ngedrop, terus upwelling keluar dari bawah, itu kan kayak racun. Cuaca buruk ini sudah hampir tiga hari ini. Ikan mati mulai kemarin. Ikan emas dan ikan nila. Total yang mati sekitar 20 ton," ujarnya.

Marno mengungkapkan akibat kejadian ini ia mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah. Saat ini untuk harga ikan dikisaran Rp25.000 sampai Rp26.000 per kilogram.

"Harga ikan saat ini Rp 25.000 sampai Rp 26.000 per kilogram. Kerugian tinggal mengalikan saja 20 ton," bebernya.