BNPB Modifikasi Cuaca Antisipasi Badai dan Banjir 28 Desember di Jabodetabek

Alat modifikasi cuaca di Bandara Halim Perdanakusuma.
Alat modifikasi cuaca di Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto : Viva)

AntvBNPB menyiapkan antisipasi potensi dan ancaman cuaca ekstrem di Jabodetabek yang diramalkan akan terjadi pada Rabu, 28 Desember 2022. Menurut Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto pihaknya menerapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk antisipasi cuaca ekstrem.

“Itu kita laksanakan, sudah dilakukan secara terus menerus,” ungkapnya pada Selasa, 27 Desember 2022.

BNPB berkoordinasi dengan BMKG, Kementerian Perhubungan, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk memastikan potensi cuaca ekstrem tersebut tidak mengganggu warga yang mudik selama momen Tahun Baru.

Seperti diberitakan Viva.co.id, di DKI Jakarta, katanya, BNPB bekerja sama dengan BPBD dan Pemerintah Provinsi DKI untuk membahas TMC. Teknis pelaksanaannya dikerjakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan TNI Angkatan Udara, sementara penganggarannya oleh BNPB.

Di wilayah Jawa Barat, Suharyanto juga menyebut lembaganya mengantisipasi daerah aliran sungai di tiga kabupaten di Jawa Barat, yakni Subang, Indramayu, dan Sumedang.

Ahli klimatologi pada Pusat Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin sebelumnya mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan Jabodetabek untuk mewaspadai ancaman badai dan banjir besar pada Rabu, 28 Desember, sebagaimana dia sampaikan melalui akun Instagram-nya @EYulihastin.

Dalam postingannya, Erma meminta masyarakat waspada, khususnya bagi yang berada di daerah Tangerang dan Banten. Menurut Erma, pada 28 Desember, di wilayah tersebut berpotensi terjadi hujan ekstrem dan badai dahsyat.