Jemput Bola di Sabang, Dukcapil Cetak 1.095 Dokumen Kependudukan

Pelayanan administrasi kependudukan di Kota Sabang, Aceh.
Pelayanan administrasi kependudukan di Kota Sabang, Aceh. (Foto : Kemendagri)

Antv –Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Dinas Dukcapil Provinsi Aceh dan Dinas Dukcapil Kota Sabang menggelar GISA Dukcapil Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, Rabu (21/12/2022).

Sebagai gambaran, perjalanan ke Kota Sabang ditempuh selama 45 menit menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Tim Ditjen Dukcapil yang dipimpin oleh Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Hani Syopiar Rustam mambawa 4 personel teknis serta 1 koordinator lapangan hadir langsung di Kota Sabang.

Rombongan tersebut membawa peralatan lengkap dari Jakarta, yaitu 1 unit mobile enrollment, peralatan jaringan telekomunikasi, antena VPN, printer KTP-el dan KIA, ribbon, serta blangko KTP-el. Sementara Tim Disdukcapil Kota Sabang juga membawa petugas serta peralatan perekaman dan pencetakan dokumen kependudukan (dokduk) sendiri.

Dengan sedikit sentuhan Tim Teknis Ditjen Dukcapil, peralatan yang sedikit terkendala dapat kembali berfungsi maksimal untuk melayani masyarakat yang hadir di Kecamatan Sukajaya sebagai Posko Layanan Adminduk.

Sesditjen Hani Syopiar Rustam menyatakan, pihaknya mendukung penuh pelayanan jemput bola administrasi kependudukan (Adminduk) di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang yang menjadi bagian dari kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Menko Polhukam Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah BNPP RI, dan Mendagri Tito Karnavian, selaku Kepala BNPP.

Rombongan tersebut mengunjungi Pulau Rondo dan Kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) di Kota Sabang, serta Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Rabu-Kamis (21-22/12/2022).