Kepada Panglima TNI Baru, Wapres Minta Tindak Tegas KKB

Kepada Panglima TNI Baru, Wapres Minta Tindak Tegas KKB
Kepada Panglima TNI Baru, Wapres Minta Tindak Tegas KKB (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tegas, dalam menghadapi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Menurut Wapres, hal itu dilakukan menyusul masih adanya kekerasan yang dilakukan oleh KKB.

“Tetapi, karena banyaknya masih adanya kekerasan-kekerasan yg dilakukan oleh pihak KKB, mungkin ada langkah-langkah yang lebih tegas lagi di dalam menghadapi. Itu memang disuarakan oleh banyak pihak unt menjaga dan melindungi masyarakat di Papua,” kata Wapres dalam konferensi pers usai Rapat Pleno III Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Selasa (20/12/2022) di Jakarta.

Meski demikian, Wapres mengungkapkan secara umum Papua dalam kondisi aman. Hal itu juga dilihat dari hasil kunjungan Wapres ke lima kota di empat Provinsi Papua November lalu.

“Jadi, kalau dibilang Papua itu sebenarnya tidak di seluruh Papua ya, hanya di daerah tertentu saja, Papua yang lain kondusif dan aman. Saya lima hari berputar-putar dari Jayapura, Merauke, Timika, Kaimana, sampai ke Biak, semua bahkan mereka minta tambah provinsi baru lagi,” ucap Wapres.

“Ya sudah kita bangun tiga di Papua, satu di Papua Barat, empat, waktu di sana ada Papua Barat minta satu lagi, Papua minta satu lagi. Saya bilang, kita selesaikan dulu yang sudah ada dan kita bangun dulu dengan baik,” katanya.