Stranas PK Luncurkan 15 Aksi Pencegahan Korupsi 2023-2024

Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024.
Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024. (Foto : Stranas PK)

Antv –Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) meluncurkan Aksi Pencegahan Korupsi 2023-2024 pada Selasa 20 Desember 2023.

Stranas PK merupakan wadah dikoordinasikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Peluncuran ini bertema Digitalisasi Untuk Cegah Korupsi.

Acara ini dihadiri sejumlah Menteri. Mereka yang hadir Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Bappenas Suharso Manoarfa, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Stranas PK terdiri dari lima Lembaga/Kementerian. Mereka Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, dan KPK sebagai koordinator.

“Berkoordinasi dengan sejumlah kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang terkait, termasuk berkoordinasi intensif dengan Menko Perekonomian, Menko Maritim dan Investasi, serta Menteri Politik Hukum dan HAM," ucap Ketua KPK Firli dalam peluncuran di bilangan Jakarta Pusat, Selasa 20 Desember 2022.

Lima belas aksi tersebut:

1. Percepatan Penyelesaian Ketidaksesuaian Pemanfaatan Ruang dan Tumpang Tindih Perizinan Berbasis Lahan Melalui Implementasi Kebijakan Satu Peta.