Kisah 110 Tahun Hubungan Pasang Surut Prancis Vs Maroko

Kisah 110 Tahun Hubungan Pasang Surut Prancis Vs Maroko
Kisah 110 Tahun Hubungan Pasang Surut Prancis Vs Maroko (Foto : Dok. mediastorehouse.com)

Antv – Laga semifinal Piala Dunia 2022, antara Prancis vs Maroko akan digelar Rabu (14/12/2022) malam waktu Qatar atau Kamis dini hari WIB. Duel yang dipastikan banyak yang menanti.

Laga nanti merupakan pertemuan perdana di aga resmi buat kedua negara. Menariknya, sejarah yang panjang dan kompleks ternyata juga membayangi hubungan antarbangsa yang dipisahkan Laut Mediterania itu.

Ada lebih dari 780 ribu orang asal Maroko di Prancis. Angka itu bersumber dari penelitian yang dilakukan Institut Statistik dan Studi Ekonomi Prancis. 

Isu terbaru terdapat sengketa mengenai visa di antara kedua negara. Situasi itu mempersulit kerabat Maroko untuk pergi mengunjungi saudaranya di Prancis.

Presiden Prancis Emmanuel Macron yang memberlakukan pembatasan visa dari Maroko, diperkirakan akan hadir di tribune stadion. Saat Prancis bersua Maroko.

Kolonisasi Prancis di Maroko

Timnas Maroko dalam semifinal Piala Dunia pertama mereka ini punya semangat berlipat ganda. Karena ada faktor sejarah lebih dari satu abad yang dijadikan bumbu sengit.