Berikut Kata Yudo Margono Terkait Pangkat Tituler Deddy Corbuzier

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Deddy Corbuzier.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Deddy Corbuzier. (Foto : Instagram/mastercorbuzier)

Antv –Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tak persoalkan pemberian pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler Angkatan Darat kepada artis Deddy Corbuzier.

"Nggak ada (permasalahan), ada aturannya, boleh tituler apabila itu dibutuhkan profesionalismenya untuk kemajuan TNI," kata Yudo Margono di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Desember 2022.

Yudo mengaku punya pengalaman dimana seorang warga sipil berpangkat mayor trituler mengajari dirinya di bidang musik saat masih taruna. Oleh karena itu, Yudo mengatakan tak menjadi masalah jika Deddy Corbuzier mendapat pangkat tituler.

"Kalau tituler boleh, kalau dia memiliki apa namanya, untuk kemajuan terhadap TNI. Mungkin kalau saya TNI Angkatan Laut, kemudian diperlukan karena keahliannya, itu bisa," ujarnya.

Seperti diberitakan VIVA.co.id, Kendati demikian, Yudo mengatakan akan mengecek lebih lanjut pemberian pangkat tersebut. Sebab, saat ini ada desakan agar TNI mencabut pangkat Letkol Trituler AD dari Dedy.

"Nanti kita tanyakan dulu, karena itu kan pengusulannya kan diawali dari kepala staf angkatan," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mempertanyakan urgensi pemberian pangkat Letkol Trituler kepada Deddy Corbuzier. Menurut politikus PDIP itu, memang diperbolehkan memberikan pangkat tituler, namun seolah tak ada lagi di TNI yang pantas mendapatkan gelar tersebut.