Dua Tewas Akibat Tabrakan Pesawat Dengan Truk Pemadam di Bandara Peru

Pesawat LATAM Airlines yang tabrakan dengan truk pemadam di Peru.
Pesawat LATAM Airlines yang tabrakan dengan truk pemadam di Peru. (Foto : Reuters)

AntvOperator bandara ibu kota Peru mengatakan pada Minggu(20/11/2022) bahwa truk pemadam kebakaran terlibat dalam tabrakan yang fatal dengan jet penumpang LATAM Airlines (LTM.SN).

Pada saat kejadian petugas pemadam kebakaran dan truk tersebut sedang melakukan latihan darurat yang telah dijadwalkan sebelumnya. Pesawat jet tersebut menabrak truk pemadam kebakaran saat meluncur di landasan sebelum lepas landas pada hari Jumat (18/11/2022).

Akibatnya pesawat dengan cepat terbakar dan mengeluarkan asap tebal saat berhenti. Kecelakaan tersebut mengakibatkan dua orang petugas pemadam kebakaran di truk pemadam meninggal dunia.

Pada hari Minggu, Lima Airport Partners, yang mengoperasikan bandara, mengatakan dalam sebuah pernyataan di Twitter bahwa truk pemadam kebakaran telah memasuki landasan pacu sebagai bagian dari latihan tanggap darurat yang sudah berkoordinasi dengan operator dan otoritas lalu lintas udara.

"Pada 18 November, pada pagi hari dan hingga awal latihan, tim pemadam kebakaran melakukan semua pengaturan yang diperlukan untuk melakukan manuver," kata operator bandara tersebut.

"Control Tower (CORPAC) mengonfirmasi waktu mulai pukul 15:10, itu adalah waktu yang ditetapkan untuk awal manuver, dan tumbukan dengan pesawat LATAM terjadi pada pukul 15:11,” tambahnya.

Sedangkan menurut Presiden Dewan Direktur Korporasi Bandara dan Penerbangan Komersial Peru (CORPAC), Jorge Salinas mengatakan kepada radio lokal bahwa otorisasi untuk latihan tersebut tidak termasuk masuki ke landasan pacu pesawat terbang.