Harkopnas 2023 Sumbar Akan Hadirkan Capres, Nurdin Halid: Saatnya Bung Hatta Tersenyum

Harkopnas 2023 Sumbar, Nurdin Halid: Saatnya Bung Hatta Tersenyum
Harkopnas 2023 Sumbar, Nurdin Halid: Saatnya Bung Hatta Tersenyum (Foto : Dok. Debindo)

Antv – Perayaan Hari Koperasi ke-76 tahun 2023 di Sumatera Barat akan menghadirkan bakal calon presiden yang akan berkontestasi pada Pemilihan Umum Presiden 2024.

Gerakan Koperasi ingin mendengar dan memastikan bakal Capres memiliki konsep dan komitmen kuat menjalankan sistem perekonomian nasional berbasis koperasi yang diamanatkan Konstitusi Pasal 33 UUD 1945.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Dr. Drs. H.A.M Nurdin Halid dalam acara launching Hari Koperasi Nasional ke-76 tahun 2023 Sumatera Barat yang digelar di Kota Padang, Jumat (28/10/2022).

Gerakan Koperasi akan merayakan Harkopnas 2023 secara istimewa karena digelar di Tanah Kelahiran Bapak Koperasi Indonesia Bung Hatta dan mendapat dukungan kuat dari Pemprov Sumatera Barat dan Pemerintah Pusat.

Nurdin Halid menjelaskan, Hari Koperasi 2023 di Sumatera Barat menjadi momentum untuk menegakkan sistem perekonomian Indonesia berdasarkan asas ‘kekeluargaan koperasi’ yang diamanatkan Konstitusi Pasal 33 UUD 1945 Ayat 1.

Karena itu, pada Harkopnas 2023 nanti para capres akan diundang untuk mendengarkan gagasan dan komitmen mereka terhadap cita-cita para Bapak Bangsa tentang sistem koperasi sebagai jalan terbaik dan paling cocok untuk untuk mewujudkan ‘Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia’ yang diamanatkan dalam Sila V Pancasila.

“Hari Koperasi 12 Juli 2023 akan menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk kembali berpegang teguh pada perintah Pasal 33 UUD 1945 sebagai patokan dasar membangun perekonomian nasional. Setelah 78 tahun kemiskinan dan kesenjangan tetap menganga, dan kini dunia terancam resesi, maka satu-satunya jalan ialah melaksanakan sistem perekonomian Pasal 33 UUD 1945. Gerakan koperasi ingin membuat Bung Hatta tersenyum,” ujar Nurdin Halid dalam keterangannya melalui press release, Jumat (11/11/2022).

Saatnya Bung Hatta Tersenyum Sumatera Barat dipilih sebagai tuan rumah perayaan puncak Harkopnas 2023 dengan beberapa alasan.

Pertama, Sumbar adalah tanah kelahiran Moh. Hatta, penggagas, pemikir, dan penggerak Koperasi Indonesia modern serta ketua perumus Pasal 33 dan 34 UUD 1945 tentang Kesejahteraan Sosial.

Itulah sebabnya, Bung Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia dalam Kongres Koperasi II tanggal 12 Juli 1953 di Bandung.

“Dekopin ingin menjadikan Harkopnas 2023 di Tanah Kelahiran Bung Hatta sebagai momentum yang tepat untuk mendesak Pemerintah dan negara untuk melaksanakan sistem perekonomian nasional sesuai perintah Konstitusi Pasal 33 secara struktural, sistematis, utuh, dan nyata. Tidak setengah-setengah dan tidak hanya retorika politik,” kata Nurdin Halid.