Hujan Deras, Sleman Dilanda Banjir, Longsor dan Pohon Tumbang

Hujan Deras, Sleman Dilanda Banjir Longsor dan Pohon Tumbang
Hujan Deras, Sleman Dilanda Banjir Longsor dan Pohon Tumbang (Foto : antvklik-Andri Prasetyo)

Antv – Hujan deras melanda wilayah Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta pada Senin 7 Oktober 2022 sore. Akibatnya, sebagian wilayah dilanda banjir, longsor, dan pohon tumbang.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan mengatakan cuaca buruk terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

"Dilaporkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir di wilayah Kabupaten Sleman mengakibatkan beberapa kerusakan," kata Kepala BPBD Sleman, Makwan, Senin (7/11/2022) malam.

Data dari BPBD Kabupaten Sleman mencatat, hujan lebat mengakibatkan pohon tumbang di Dusun Kedung RT 2 RW 21, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan.

Pohon tumbang menimpa kabel listrik dan mengganggu akses jalan, tapi sudah berhasil ditangani. Selain pohon tumbang, hujan lebat juga mengakibatkan longsor di sejumlah wilayah.

Longsor setidaknya menimpa lima dusun di tiga kapanewon atau kecamatan. Di Dusun Jetisan, Hargobinangun, Pakem, talud ambrol menyumbat aliran irigasi sehingga air meluap dan merendam 2 rumah warga.

Beruntung malam ini air sudah surut. Sebuah tebing di Dusun Kaliurang Selatan RT 05 RW 13, Hargobinangun, Pakem juga longsor dan menggangu aliran sungai serta irigasi.