Pesawat Korean Air Keluar Dari Landasan Pacu Filipina

Pesawat Korean Air keluar dari landasan pacu.
Pesawat Korean Air keluar dari landasan pacu. (Foto : Reuters)

Antv –Sebuah pesawat Korean Air telah keluar dari landasan pacu saat mendarat dalam keadaan cuaca buruk di Filipina tengah.

Pihak berwenang melaporkan tidak ada yang cedera di antara 173 orang di dalamnya Insiden itu yang terjadi di Pulau Mactan provinsi Cebu tengah pada Minggu malam (23/10/2022).

Menurut pejabat maskapai tersebut, ke-11 awak dan 162 penumpang Korean Air penerbangan KE631 terpaksa turun menggunakan perosotan darurat untuk menyelamatkan diri dari pesawat yang telah rusak.

"Semua penumpang selamat dan mendapatkan pelayanan dari personel darat," kata Otoritas Penerbangan Sipil Filipina dalam sebuah pernyataan.

Pesawat masih terjebak di rumput di ujung landasan pacu tunggal di Bandara Internasional Mactan Cebu pada hari Senin (24/10/2022) sehingga memaksa penutupan bandara.

Terlihat perut bagian depan pesawat terpotong, dan hidungnya rusak berat. Puluhan penerbangan ke dan dari provinsi Cebu dibatalkan, termasuk maskapai berbendera Philippine Airlines, yang telah mengumumkan lebih dari 50 penerbangan domestik yang dibatalkan.

Airbus A330 dari Incheon, Korea Selatan, telah berusaha mendarat dua kali sebelum keluar landasan pacu pada upaya ketiga,” kata Korean Air Lines Co dalam sebuah pernyataan.