Kasus Covid-19 Melonjak, Pemerintah Pastikan Stok Oksigen Cukup

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemerintah Pastikan Stok Oksigen Cukup
Kasus Covid-19 Melonjak, Pemerintah Pastikan Stok Oksigen Cukup (Foto : )
Pemerintah memastikan stok oksigen dalam bentuk oksigen konsentrator dan oksigen generator masih cukup memenuhi pelayanan lebih dari 12 - 48 jam, meski terjadi lonjakan kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir.
Bahkan untuk daerah-daerah dengan laju penambahan kasus yang tinggi pun, kebutuhan akan oksigen saat ini masih tercukupi. Untuk itu, masyarakat diminta untuk tidak
panic buying membeli tabung oksigen, sehingga menimbulkan kondisi langka."Kecukupan yang sama juga telah dipastikan pada daerah lainnya, terutama di daerah dengan kenaikan kasus yang tergolong tinggi," Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Graha BNPB, Kamis (10/2/2022) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.Sebagai contoh di DKI Jakarta, menurut data per 6 Februari 2022, terdapat 1.541 oksigen konsentrator dan 2 oksigen generator.Sementara di Banten 389 oksigen konsentrator dan 4 oksigen generator. Di Jawa Barat terdapat 1.545 oksigen konsentrator dan 18 oksigen generator.Kedepan, pemerintah akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pendataan secara real-time dalam memenuhi kebutuhan tiap fasilitas kesehatan secara efektif.