Mengenal Gangguan Pencernaan Intoleransi Laktosa

Mengenal Gangguan Pencernaan Intoleransi Laktosa
Mengenal Gangguan Pencernaan Intoleransi Laktosa (Foto : )
Gangguan pencernaan intoleransi laktosa terjadi akibat tubuh tidak dapat mencerna laktosa atau gula yang ditemukan dalam susu dengan baik.
Intoleransi laktosa merupakan gangguan pencernaan akibat tubuh tidak dapat mencerna laktosa atau gula yang ditemukan dalam susu dengan baik. Kondisi ini menyebabkan sistem pencernaan tidak dapat menghasilkan enzim alami bernama laktase yang berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi sumber energi.Dilansir dari
Medical News Today , laktase adalah enzim yang diproduksi oleh usus kecil. Enzim ini digunakan untuk mencerna laktosa menjadi komponen galaktosa dan glukosa, yang kemudian diserap ke dalam aliran darah menjadi sumber energi.   Jika kadar laktase seseorang rendah, laktosa tidak dapat diserap ke dalam darah dan justru akan bergerak ke usus bsar yang menciptakan lebih banyak gas. Hal tersebut yang menyebabkan penderita merasakan ketidaknyamanan, gangguan pencernaan, dan gejala lainnya.Pada umumnya, gejala intoleransi laktosa akan muncul setelah Anda mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya yang mengandung laktosa. Gejalanya meliputi, perut kembung, sakit perut dan kram, mual, diare, bersendawa, dan sering Buang angin.Oleh karena itu, perawatan untuk gangguan pencernaan intoleransi laktosa adalah dengan melibatkan pengurangan atau menghilangkan produk susu sepenuhnya dari makanan.