Olahraga Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Ini Penjelasannya

Olahraga Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Ini Penjelasannya
Olahraga Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Ini Penjelasannya (Foto : )
Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan menjalani pola hidup sehat seperti menjaga pola makan, cukup tidur dan olahraga secara teratur.
Menjaga dan meningkatkan sistem imun sangat penting agar tubuh terlindunggi dari berbagai penyakit. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan menjalani pola hidup sehat seperti menjaga pola makan, cukup tidur dan olahraga secara teratur.Olahraga dapat meningkatkan sistem imun dengan mekanisme tertentu. Pertama, olahraga bisa membersihkan saluran pernapasan dan paru-paru. Ini akan menurunkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit respiratori seperti pilek atau flu.Kedua, olahraga bisa meningkatkan sirkulasi sel darah putih di dalam tubuh sehingga bisa mendeteksi lebih cepat jika ada patogen yang masuk ke dalam tubuh. Sel darah putih adalah salah satu komponen penting di dalam sistem imun yang berfungsi melawan patogen.Ketiga, meningkatkan kesehatan secara umum. Dilansir dari
Harvard Health Publishing, olahraga teratur adalah salah satu pilar hidup sehat. Olahraga mampu meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan, dan menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Sama seperti menjaga asupan makanan, olahraga secara umum menjaga kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan imun tubuh.Keempat, dilansir dari Community Medical Centers , olahraga juga mampu menjaga sistem imun agar tidak turun ketika seseorang mengalami stres. Saat stres, sel imun tubuh akan turun dan olahraga secara rutin mampu menyeimbangkan proses itu sehingga tidak terjadi penurunan jumlah sel imun.Selain itu, orang yang rutin berolahraga juga akan merasa lebih bahagia dan bisa mengurangi level stres itu sendiri. Olahraga mampu meningkatkan sistem imun dengan berbagai mekanisme berbeda. Beberapa diantaranya adalah dengan memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan kepadatan tulang, dan meningkatkan suhu tubuh yang bisa membantu melawan penyakit.