Polri: Hampir Seluruh Pemudik Sudah Balik ke Jakarta

Polri: Hampir Seluruh Pemudik Sudah Balik ke Jakarta
Polri: Hampir Seluruh Pemudik Sudah Balik ke Jakarta (Foto : )
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebutkan hampir seluruh warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang mudik, telah kembali. Hanya sebagian kecil warga yang masih berada di kampung halaman.
Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan kepada wartawan, Selasa (1/6/2021), mengatakan bahwa berdasarkan data dari Jasamarga, kendaraan yang keluar dari Jabodetabek pada 22 April sampai 23 Mei 2021 sebanyak 3.488.660 unit. Kendaraan tersebut mengarah ke daerah Jawa dan Sumatera."Kemudian yang sudah masuk dari 22 April sampai 23 Mei ini ada 3.437.093 kendaraan. Jadi selisih yang masih akan masuk sekitar 56 ribu," ujarnya.Rudi menuturkan, lalu sisanya, sekitar 56 ribu kendaraan diperkirakan masuk ke Jakarta pada akhir Mei 2021 bersamaan dengan hari libur Waisak. Pada periode tersebut, Jasamarga mencatat ada kenaikan jumlah kendaraan yang masuk Jabodetabek.Ia menambahkan, pihaknya memprediksi sisa kendaraan yang belum masuk bukan kendaraan mudik. Kendaraan tersebut adalah warga yang bepergian dalam rangka liburan."
Weekend ini rata-rata 30-40 ribu kendaraan tapi ini 50 ribu lebih sehingga kalau kita lihat di lapangan ternyata mereka kembalinya ini kemarin. Dari Jasamarga menyampaikan bahwa situasi ini sudah mendekati normal. Jadi kendaraan yang sudah keluar sudah hampir dipastikan kembali semuanya. Jadi tinggal beberapa," katanya, dikutip dari viva.co.id.Sebelumnya diberitakan, pemerintah menerapkan kebijakan pelarangan mudik sejak 6-17 Mei 2021. Untuk mendukung kebijakan itu, Korlantas Polri menyiapkan titik penyekatan dari Bali hingga Sumatera. Selain itu, Korlantas dan instansi terkait juga menggelar swab antigen secara acak terhadap pengendara dalam arus balik lebaran 2021.