Penting! Ini Manfaat Tertawa untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Penting! Ini Manfaat Tertawa untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Penting! Ini Manfaat Tertawa untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui (Foto : )
Sejumlah manfaat tertawa untuk kesehatan di antaranya, mengurangi stres dan memberi dorongan pada sistem kekebalan. Saat kita tertawa, ada banyak senyawa kimia yang dilepaskan ke otak dengan berbagai manfaat.
Menjaga kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting. Tahukah Anda ada satu cara untuk menjaga kesehatan tanpa obat dan olahraga? Ya, tertawa.Dilansir dari
The Insider , Sabrina Romanoff yang merupakan psikolog klinis di Lenox Hill Hopsital mengatakan bahwa tertawa sudah ada dalam kehidupan manusia sejak usia dini. Faktanya, tertawa sudah terlihat pada bayi yang berusia 3-4 bulan.“Tertawa adalah alat penting untuk mengatasi stres, terhubung dengan orang lain, serta meningkatkan kesehatan,” kata Romanoff.Tertawa adalah perilaku sosial yang paling sering terjadi saat kita bersama orang lain. Romanoff mengatakan, ini karena tertawa berfungsi sebagai isyarat untuk hubungan sosial dan pembentukan hubungan.Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa lelucon dan tawa, penting dalam membuat kesan pertama yang baik dengan seseorang yang belum pernah Anda temui. Tertawa juga dikaitkan dengan memfasilitasi hubungan dengan orang asing yang dapat memperkuat ikatan sosial dan pada gilirannya, membuat Anda lebih menarik bagi orang lain.Manfaat tertawa untuk kesehatan di antaranya, mengurangi stres dan memberi dorongan pada sistem kekebalan. Saat kita tertawa, ada banyak senyawa kimia yang dilepaskan ke otak dengan berbagai manfaat. Ini termasuk:
  • Serotonin: Bahan kimi peningkat suasana hati di otak yang menghasilkan perasaan tenang dan bahagia. Tingkat serotonin yang rendah telah dikaitkan dengan depresi dan kecemasan.
  • Oksitosin: Melepaskan neuropeptide ini meningkatkan ikatan sosial di antara keluarga dan orang penting lainnya. Oksitosin juga terbukti meningkatkan kerja sama dan kerja tim.
  • Dopamin: Bahan kimia ini terlibat dalam kesenangan dan penghargaan. Dengan tertawa, pelepasan dopamin juga membantu mengurangi rasa cemas.
  • Endorfin: Endorfin membantu meningkatkan perasaan positif dan relaksasi. Melalui efek opioid yang dimediasi oleh endorfin, tertawa dapat membantu meringankan rasa sakit fisik.
Tertawa adalah proses yang secara tidak langsung membantu meningkatkan sistem kekebalan. Menurut sebuah studi kecil tahun 2020, tertawa dapat meningkatkan jumlah sel pembunuh alami dalam tubuh, yaitu sel darah putih yang berperan penting dalam pertahanan terhadap virus dan bakteri. Selain itu, manfaat tertawa mungkin juga merupakan latihan ringan yang layak.