Kualifikasi di Shanghai, Veddric Juara, Rajiah Runner Up, Selangkah Lagi Ke Olimpiade Paris

Veddric Leonardo juara kualifikasi Olimpiade 2024 di Shanghai
Veddric Leonardo juara kualifikasi Olimpiade 2024 di Shanghai (Foto : istimewa)

Antv – Selangkah lagi dua atlet sport climbing Indonesia, Veddric Leonardo dan Rajiah Sallsabillah  lolos ke Olimpiade 2024 Paris.  Keduanya berhasil naik podium pada kualifikasi Olimpiade Sport Climbing di Shanghai, Cina, Sabtu 18 Mei 2024. 

Leonardo Vedric berhasil keluar sebagai juara, sedangkan Rajiah Salsabila menempati posisi runner up di Shanghai. 

img_title
Veddric Leonardo juara kualifikasi Olimpiade 2024 di Shanghai. (Foto: istimewa)

Untuk Olimpiade Paris 2024 nomor sport climbing, masing-masing putra dan putri tersisa 5 kuota atlet. Kelima atlet yang berhak lolos adalah yang memiliki poin tertinggi untuk penggabungan dua kualifikasi di Shanghai dan Budapest 20 Juni mendatang. 

Sebelumnya Indonesia sudah meloloskan dua atlet sport climbing yakni Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono. Untuk Olimpiade Paris 2024, setiap negara maksimal boleh diperkuat dua atlet putra dan dua atlet putri. 

"Alhamdulillah kualifikasi di Shanghai ada dua atlet Vedric dan Rajiah. Mereka sudah memperoleh poin tinggi, tinggal menunggu kualifikasi di Budapest pada 20 Juni lagi, dan mereka hanya mempertahankan di posisi lima besar, tapi semoga bisa naik podium lagi dan lolos Olimpiade," ujar Manajer Tim Indonesia, Ichal Umarella yang berada di Shanghai. 

 Berlaga di Shanghai Urban Park, untuk kategori speed putra, atlet sport climbing Indonesia Veddric Leonardo berhasil keluar sebagai juara. Di final Veddric mengalahkan atlet tuan umah Cina Wu Peng. Leonardo mencatat Waktu 4,83 detik, lebih cepat dari Wu Peng dengan catatan 4,88 detik.