Vaksin Pfizer Efektif dan Aman Tangkal Virus Corona pada Anak

Vaksin Pfizer Efektif  dan Aman Tangkal Virus Corona pada Anak
Vaksin Pfizer Efektif dan Aman Tangkal Virus Corona pada Anak (Foto : )
Vaksin Pfizer dinyatakan telah melewati uji klinis pada usia 12-15 tahun dan dinyatakan efektif dan aman untuk menangkal virus corona pada kelompk usia tersebut.
Pfizer dan BioNTech melaporkan hasil uji klinis pada anak usia 12-15 tahun. Hasilnya, vaksin buatan mereka dinyatakan efektif dan aman untuk menangkal virus corona pada kelompok usia tersebut.Dalam beberapa pekan, mereka akan mengajukan persetujuan untuk menggunakan vaksin ini pada kelompok usia tersebut di Eropa dan Amerika Serikat.Hingga saat ini belum ada vaksin Covid-19 yang disetujui penggunaanya pada anak. Sejumlah pakar menyoroti perlunya memberikan vaksin pada anak untuk mencapai herd immunity.“Saya pikir jika kita ingin menyelesaikan pandemi, kita benar-benar perlu memvaksinasi anak,” kata Dr Asuncion Mejias, dokter anak dari Nationwide Children’s Hospital di Ohio, dikutip dari
Reuters , Kamis (1/4/2021).Dalam uji klinis tersebut, Pfizer melibatkan 2.260 anak usia 12-15 tahun. Hasilnya, ditemukan ada 18 kasus Covid-19 pada kelompok placebo dan tidak ada kasus di kelompok vaksin, sehingga didapatkan efikasi 100 persen.Disebutkan juga bahwa vaksin tersebut ditoleransi dengan baik dengan efek samping ‘in line’ dengan yang ditemukan pada orang dewasa usia 16-25 tahun. Namun Pfizer belum merinci efek samping yang ditemukan.Sementara itu, pada orang dewasa efek samping vaksin Pfizer tergolong ringan, seperti nyeri di tempat suntikan, sakit kepala, demam, dan kelelahan atau fatique.