Sinopharm Kembangkan Vaksinasi Booster untuk Atasi Varian Baru Corona

Sinopharm Kembangkan Vaksinasi Booster untuk Atasi Varian Baru Corona
Sinopharm Kembangkan Vaksinasi Booster untuk Atasi Varian Baru Corona (Foto : )
Pengembang dan regulator vaksin Sinopharm kini tengah mengembangkan vaksinasi booster (penguat) untuk mengatasi berbagai varian baru corona.
Pengembang dan regulator vaksin Sinopharm kini tengah mengembangkan vaksinasi booster untuk mengatasi berbagai varian baru corona.“Hasil sejauh ini menunjukkan bahwa vaksinasi booster (penguat) bisa secara efektif meningkatkan titer antibodi penawar dan persistensi antibodi, dan juga secara efektif meningkatkan kemampuan vaksin untuk melawan mutasi,” kata wakil presiden China National Biotech Group (CNBG), yang dikutip dari
Reuters, Senin (29/3/2021).“Apakah suntikan booster diperlukan? Kapan itu akan diberikan? Jawabannya harus didasarkan pada hasil studi klinis fase III,” lanjutnya.Pihak Sinopharm mengatakan antibodi yang dipicu oleh pemberian dua dosis vaksin Covid-19 dari Sinopharm memiliki efek penetral yang ‘cukup baik’ pada varian corona Inggris dan Afrika Selatan. Hal ini diungkapkan berdasarkan hasil dari tes laboratorium dari sampel darah pada relawan uji klinis.Saat ini, pengujian laboratorium juga tengah berlangsung pada varian yang diidentifikasi di Brasil dan Zimbabwe.Selain Sinopharm, vaksin Covid-19 lainnya yaitu dari Sinovac BioNTech juga melakukan penelitian untuk menguji suntikan dosis penguat yang berbasis di China. Dalam pengujiannya, relawan akan diberikan dosis ketiga vaksin delapan bulan setelah mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19.