Kian Populer di Dunia, Benarkah Plant Based Diet Paling Sehat dan Efektif?

Kian Populer di Dunia, Benarkah Plant Based Diet Paling Sehat dan Efektif?
Kian Populer di Dunia, Benarkah Plant Based Diet Paling Sehat dan Efektif? (Foto : )
Plant based diet diklaim sebagai diet paling sehat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya, membantu penurunan berat badan, meningkatkan sistem imun, mengurangi inflamasi dan menjaga kesehatan pencernaan.
Plant based diet atau juga dikenal dengan pola makan nabati kini kian populer dan makin diminati banyak orang di dunia. Pasalnya, pola makan ini diklaim mampu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh.Sejumlah manfaat plant based diet di antaranya menjaga kesehatan jantung, menyeimbangkan kadar gula darah dan kolesterol, serta meminimalisir risiko diabetes tipe 2.Untuk menerapkan jenis diet ini, Anda tidak harus menjadi vegetarian seutuhnya. Anda masih bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan hewani seperti telur, ikan dan daging unggas, namun dalam porsi minimal.Salah satu cara untuk menerapkan pola makan ini adalah dengan mulai memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Setelah itu, kita bisa mulai mengurangi konsumsi produk hewani atau bahkan sama sekali menghindarinya.Namun, penting untuk diketahui bahwa bagi yang ingin menjalani pola makan ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli gizi anda. Berikut manfaat dari plant based diet seperti disarikan dari berbagai sumber:
Meningkatkan sistem imun tubuh Makanan berbasis nabati mengandung banyak vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting untuk mengurangi risiko kanker karena membantu mengenali dan menyerang mutasi dalam sel sebelum berkembang jadi penyakit. Mengurangi inflamasi Produk nabati mengandung nutrisi penting yang membantu mangatasi peradangan di tubuh. Pasalnya, tumbuhan mengandung fitokimia dan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Tentunya, hal ini membantu mengurangi peradangan yang berpotensi merusak sel-sel dan jaringan tubuh. Menjaga kesehatan pencernaan