Waspadai Sejumlah Efek Buruk Minum Kopi bagi Kesehatan

Waspadai Sejumlah Efek Buruk Minum Kopi bagi Kesehatan
Waspadai Sejumlah Efek Buruk Minum Kopi bagi Kesehatan (Foto : )
Sejumlah efek buruk minum kopi bagi kesehatan di antaranya, mengganggu tidur, meningkatkan stres, kenaikan asam lambung, meningkatkan risiko migrain, dan penambahan berat badan.
Kopi dikenal sebagai salah satu minuman populer di dunia yang diklaim memiliki sejumlah manfaat. Namun, seperti makanan dan minuman lain, terlalu banyak minum kopi juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan.Berikut sejumlah efek buruk minum kopi bagi kesehatan, yang disarikan dari berbagai sumber:
Mengganggu tidur Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, menemukan bahwa minum kafein hingga enam jam sebelum waktu tidur dapat mengganggu sekitar satu jam tidur setiap malam. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak minum kopi, tepat setelah makan siang, agar Anda mendapatkan istirahat malam yang nyenyak. Meningkatkan stres Secangkir kopi di pagi hari mungkin bisa membuat Anda bersemangat, namun minum kopi sepanjang hari justru dapat membuat Anda semakin stres. Konsumsi kafein dalam  jumlah besar dapat meningkatkan kadar hormon kortisol (hormon stres). Sebuah studi dari Ohio State University mengungkap bahwa kafein menyebabkan tekanan darah dan  norepinefrin (hormon lain yang terlibat dalam pengaturan stres) meningkat. Asam lambung naik