Sejumlah Ilmuwan Ungkap Tanda-tanda Seseorang Alami Long Covid

Sejumlah Ilmuwan Ungkap Tanda-tanda Seseorang Alami Long Covid
Sejumlah Ilmuwan Ungkap Tanda-tanda Seseorang Alami Long Covid (Foto : )
Sejumlah ilmuwan berhasil mengungkap tanda-tanda long Covid di antaranya, kelelahan, sesak nafas, sakit kepala, dan disfungsi kognitif atau juga disebut dengan brain fog.
Sejumlah pasien Covid-19 melaporkan kelelahan, mengalami sesak nafas, sakit kepala, dan brain fog selama berbulan-bulan sampai setahun setelah sembuh. Kondisi yang disebut dengan long Covid ini pun mendapat perhatian serius dari sejumlah ilmuwan.Terkait hal itu, Direktur Jenderal Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa pasien Covid-19 bisa mengalami gejala menetap.“Penyakit ini mempengaruhi pasien Covid-19 yang parah dan ringan. Tantangannya adalah pasien dengan  Covid yang lama bisa memiliki berbagai gejala berbeda yang bisa menetap atau datang dan pergi,” kata Tedros yang dikutip dari
CNBC Internasional , Senin (15/2/2021).Salah satu studi tentang long Covid ini dipublikasikan pada awal Januari 2021 di MedRxiv yang melaporkan banyak pasien Covid-19 yang sakit berkelanjutnan setelah terinfeksi. Ini ditemukan dalam survei pada lebih dari 3.700 orang dewasa yang berusia 18-80 tahun di 56 negara.Gejala yang paling sering dialami setelah enam bulan adalah kelelahan, kelelahan setelah berolahraga, dan disfungsi kognitif atau juga disebut dengan brain fog.“Kami benar-benar tidak tahu apa yang menyebabkan gejala ini. Itu adalah fokus utama dari penelitian saat ini. Ada pertanyaan apakah ini adalah sesuatu yang unik untuk Covid-19 itu sendiri, dan virus Covid lah yang memicu gejala-gejala ini, atau apakah ini menjadi bagian dari sindrom pasca virus secara umum,” jelas profesor di Fakultas Kedokteran Icahn di Mount Sinai, Dr Allison Navis.Selain long Covid, Dr Navis mengatakan bahwa para ahli juga melihat gejala pendek yang sama setelah infeksi virus lainnya.Pada studi lainnya yang dipublikasikan di The Lancet Januari lalu, dilaporkan bahwa setidaknya ada 76 persen pasien Covid-19 yang mengalami setidaknya satu gejala dalam enam bulan setelah infeksi pertama. Hal ini lebih banyak ditemukan pada wanita.“Kami menemukan bahwa kelelahan atau kelemahan otot, kesulitan tidur, dan kecemasan atau depresi adalah hal biasa, bahkan pada 6 bula setelah gejala muncul,” tulis studi tersebut.Dr Kathleen Bell, seorang profesor di University of Texas Southwestern Medical Center, mengatakan gejala klinis long Covid di tempatnya bekerja, sudah terjadi pada April 2020. Ia mengatakan, banyak ahli yang diterjunkan untuk mengobati kelemahan otot, penyakit jantung dan brain fog bagi mereka yang mengalami gangguan mental.