CDC Ungkap Efek Samping Setelah Vaksinasi Covid-19, Ini Dia!

CDC Ungkap Efek Samping Setelah Vaksinasi Covid-19, Ini Dia!
CDC Ungkap Efek Samping Setelah Vaksinasi Covid-19, Ini Dia! (Foto : )
Efek samping setelah vaksinasi Covid-19 menurut CDC meliputi, bengkak dan kebas di lengan tempat suntikan vaksin, demam, panas dingin, kelelahan, dan sakit kepala.
Beberapa ahli menyebutkan bahwa efek samping yang timbul setelah vaksinasi adalah hal normal dan dapat ditoleransi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah merilis panduan untuk mengelola kemungkinan efek samping setelah vaksinasi.“Anda mungkin mengalami beberapa efek samping, yang merupakan tanda normal bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan. Efek samping ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi akan hilang dalam beberapa hari,” tulis CDC dalam laman resminya, Rabu (16/12/2020).Berikut efek samping setelah vaksinasi Covid-19 yang bisa terjadi.Di lengan tempat disuntiknya vaksin:
  • Kebas
  • Bengkak
Di seluruh tubuh:
  • Demam
  • Panas dingin
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
Meskipun egek samping biasanya bersifat sementara dan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, CDC menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang obat-obatan yang dijual bebas seperti ibuprofen atau asetaminofen untuk mengatasi rasa sakit atau ketidaknyamanan.Langkah-langkah lain  untuk mengurangi rasa sakit termasuk menempatkan kain lap basah yang dingin di atas lengan atau gerakkan tangan. Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam, disarankan untuk tetap terhidrasi.“Efek sampingnya mungkin terasa seperti flu dan bahkan memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetap akan hilang dalam beberapa hari,” tambah CDC.