Perang Lawan COVID-19, Masyarakat Garda Terdepan, Dokter Garda Terakhir

seno bagaskoro aliansi pemuda surabaya
seno bagaskoro aliansi pemuda surabaya (Foto : )
Masyarakat harus berperan aktif dalam perang melawan COVID-19. Perannya sebagai garda terdepan  dengan menaati peraturan pemerintah mulai dari protokol kesehatan sampai mematuhi PSBB. Sedangkan tenaga medis merupakan garda terakhir, merawat pasien COVID-19.
Sebagai bentuk upaya berperang melawan COVID-19, hal yang menjadi penting adalah bagaimana seseorang mengetahui perannya masing-masing. Peran ini perlu untuk diketahui karena setiap orang memiliki kapasitasnya masing-masing dan penanggulangan bencana pandemi COVID-19 adalah urusan bersama.
Inisiator Aliansi Pemuda Surabaya Seno Bagaskoro mengatakan bahwa dalam perang melawan pandemi COVID-19 dibutuhkan peran dari banyak pihak, tidak hanya tenaga medis saja. Pembagian peran tersebut digambarkan seperti orkestra musik yang masing-masing pemusik dengan alat musiknya memiliki peran masing-masing.
Bagi tenaga medis, tentunya peran yang dimainkan adalah menolong pasien di rumah sakit, klinik dan tempat medis lainnya. Tenaga medis ini sudah pasti juga mengorbankan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memerangi penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.