Relawan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Kecapi

Relawan Berjibaku Padamkan Api
Relawan Berjibaku Padamkan Api (Foto : )

Sejumlah relawan berjibaku memadamkan kebakaran hutan Gunung Kecapi di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (4/10/2019). Sulitnya medan dan gelapnya malam, tak menyurutkan semangat relawan untuk menjinakkan api dengan peralatan seadanya. 

 Korbaran api terlihat terus membesar di kawasan kebun jambu dan lahan gambut seluar satu hektar di Gunung Kecapi. Relawan bersama warga harus menempuh jalan terjal untuk mencapai tiga titik  api. Mereka menggunakan batang bambu untuk memadamkan api.

Namun, api yang sudah padam tak jarang menyala kembali setelah tertiup angin kencang. Hal ini tentu sangat merepotkan para relawan. Mereka kembali memadamkan api yang kembali menyala. . 

Tiupan angin yang sangat kencang membuat api beberapa kali menyala dan membesar setelah sebelumnya sempat padam. "Ada tiga titik api, ada yang di puncak Gunung Kecapi, di sekitar 200 meter dari perumahan warga desa, dan di dekat lokasi panjat tebing. Kebakaran terjadi mulai pukul 3 sore," ujar Aditya Kadir usai memadamkan api di Gunung Kecapi, Jumat malam (4/10/2019).

Tim relawan berhasil memadamkan  api yang kembali menyala dalam dua jam. Mereka menyekar jalur api agar tidak merembet mendekati area permukiman warga. 

Lutfi Setia Rafsanjani | Sumedang