Shah Rukh Khan Secara Tegas Menolak Cerita Soal Politik di Film Jawan dan Pathaan di Bungkam

Shah Rukh Khan
Shah Rukh Khan (Foto : Tangkapan Layar)

Antv – Dengan mengasumsikan bahwa Dunki akan menjadi seperti citra umum yang dimiliki oleh banyak orang, yaitu seorang individu yang membantu warga India yang terdampar untuk kembali ke tanah air mereka - ini akan menjadi film ketiga Shah Rukh Khan pada tahun ini yang mengangkat tema patriotisme

Film ini mengikuti Pathaan dan Jawan yang dirilis secara berurutan. Kedua film ini menampilkan Shah Rukh Khan dalam peran yang lebih menegangkan, menggambarkan situasi dunia pasca pandemi dan setelah penangkapan Arya.

Dalam Pathaan, Shah Rukh Khan memainkan peran sebagai seorang agen rahasia yang menyoroti kerentanannya dalam pendekatan militer India terhadap konflik dan menjalin hubungan asmara dengan agen Pakistan. 

Dia juga memberi nasihat kepada seorang perwira Angkatan Darat yang merasa malu dengan kata-kata "jangan tanya apa yang negaramu bisa lakukan untukmu, tanyakan apa yang bisa kamu lakukan untuk negaramu." 

Di film Jawan, Shah Rukh Khan menggambarkan peran seorang individu yang mendesak warga India untuk lebih bertanggung jawab dalam pemilihan pemerintah mereka, tanpa menyalahkan mereka atas kondisi negara.

Meskipun aktor sekelasnya sering kali terlibat dalam isu-isu politis di India, Shah Rukh Khan tidak selalu mengambil posisi tegas seperti beberapa rekan sejawatnya. Pada awal karirnya, sebelum dia dikenal sebagai ikon romantis, dia bahkan memainkan peran-peran anti-pahlawan. Tahun ini, dia kembali ke akar-akarnya.

Tema yang diangkat dalam Pathaan dan Jawan mencerminkan peran yang pernah dia mainkan dalam film Dil Se... yang disutradarai oleh Mani Ratnam lebih dari dua dekade yang lalu. Film tersebut membahas pemberontakan di Assam dan mengkritik pendekatan pemerintah India terhadap masalah tersebut.