Koleksi Box Office Dahsyat Film Jawan, Pathaan dan Gadar 2 Adalah Suara Riuh untuk Bollywood

Koleksi Box Office Dahsyat Film Jawan, Pathaan dan Gadar 2 Adalah Suara Riuh untuk Bollywood
Koleksi Box Office Dahsyat Film Jawan, Pathaan dan Gadar 2 Adalah Suara Riuh untuk Bollywood (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Pandemi Covid-19 telah memukul bisnis teater dengan buruk, berdampak pada jumlah pengunjung di bioskop. Bahkan setelah dunia kembali normal setelah krisis Covid-19, yang menyebabkan kemunduran finansial di industri ini.

Kini, keadaan terlihat cerah untuk layar lebar dengan kesuksesan dari film-film seperti Jawan, Pathaan dan Gadar 2.

Pada tahun 2019, koleksi box office tahun ini mencapai ₹4200 crores nett (setara Rp8,65 triliun), dengan film-film teratas termasuk 'Uri', 'Bharat', 'Kabir Singh', 'Super 30', 'Mission Mangal', 'Chhichhore', 'Dream Girl', 'War', 'The Sky is Pink', 'Dabangg 3', 'Good Newzz', 'Manikarnika', 'Gully Boy' dan 'Bala'.

Bioskop-bioskop tersebut ditutup untuk sebagian besar tahun 2020 dan 2021 karena krisis pandemi. Tahun lalu, 2022 memiliki pemasukan moderat sebesar ₹1950 crore (setara Rp4,02 triliun).

Namun, sepertinya keadaan telah berubah dan bioskop mulai hidup kembali, kembali ke masa sebelum pandemi COVID-19.

Analis perdagangan, Atul Mohan mengatakan, "Box office tahun ini sudah 41% di atas perolehan tahun lalu. Dengan lebih banyak lagi film-film besar yang akan dirilis di tahun ini, seperti Animal, Dunki, dan Tiger 3 yang dapat menghasilkan lebih dari ₹1200 crore (setara Rp2,47 triliun), hanya dengan tiga film ini".

"Film-film Shah Rukh dan Salman Khan pasti akan melampaui ₹500 crore (setara Rp1,03 triliun), dan Animal juga terlihat menjanjikan dan pasti akan meraup lebih dari ₹300 crore (setara Rp618 miliar). Dan film-film baaki seperti Fukrey 3, Sam Bahadur, Ganapath dan Yodha juga akan berhasil dengan baik," tambahnya.

Tahun ini dimulai dengan film Pathaan dari Shah Rukh Khan dengan koleksi kotor di seluruh dunia sebesar ₹1,050.30 crore (setara Rp2,163 triliun).

Kemudian, kebangkitan sinema dalam film yang dibintangi oleh Sunny Deol, Gadar 2, yang baru saja dirilis, yang telah menghasilkan ₹522.84 crore (setara Rp1,077 triliun), hingga tanggal penayangannya.

Tambahan terbaru dari film-film laris ini adalah Jawan, yang memecahkan rekor dari banyak film lainnya, mengumpulkan lebih dari ₹1000 crore (setara Rp2.,06 triliun), hingga saat ini.

Sebuah tonggak utama untuk sinema Hindi di tahun 2023 adalah bahwa tahun ini telah menyentuh angka ₹2750 (setara Rp5,665 triliun), pada bulan September 2023, melampaui total koleksi tahun lalu, dan berharap untuk memecahkan rekor tahun 2019, dengan perilisan film-film besar yang akan datang, termasuk Dunki, Animal, dan Tiger 3, yang memberikan sebuah harapan bahwa tahun 2023 akan menjadi tahun terbesar bagi industri film Hindi.

Sutradara Anees Bazmee setuju dan mengatakan bahwa sinema memiliki tempat tersendiri di hati setiap orang.

"Orang-orang berada dalam kondisi yang buruk selama Covid, aur logon ne OTT ko preferensi dena shuru kardia tha, tetapi saya tahu ini hanya sementara. Orang-orang akan kembali dan itu juga dengan keras, dan wohi hua. Dengan cara ini, tahun ini akan menjadi salah satu yang terbesar bagi perfilman, saya yakin," ujarnya.

Analis perdagangan dan produser, Girish Johar merasa bahwa sementara industri ini mungkin akan mendapatkan keuntungan setelah film-film besar yang sukses, film-film yang biasa-biasa saja yang perlu dihilangkan.

"Tahun 2019 merupakan tahun terbaik bagi sinema Hindi. Bahkan film-film dengan anggaran rendah pun berhasil meraup ₹70-80 crore (setara Rp144,2 miliar - Rp164,8 miliar), pada tahun tersebut. Tetapi tiba-tiba, dua tahun menjadi yang terendah ketika pandemi melanda. Tetapi sekarang, pada bulan-bulan awal tahun 2023, kami mendapatkan angka yang sama dengan tahun 2019, yang merupakan sebuah pemulihan yang luar biasa. Namun, perbedaan dalam skenario ini adalah bahwa yang besar melakukan yang lebih besar, tetapi yang menengah tidak melakukannya dengan baik. Jadi, penolakannya langsung. Jika sebuah film tidak memiliki awal yang baik di hari pertama, maka film tersebut akan mati di hari yang sama, yang tidak terjadi sebelumnya," bebernya.

Menimbang skenario, Sutradara Anil Sharma mengatakan, "Jika kita melihat Pathaan, Gadar 2, Jawan, dan banyak lagi, film-film yang menjaga negara ini tetap bersatu dihargai oleh para penonton. Orang-orang terpisah dari bioskop dan ada pergeseran dalam konten dalam dua tahun tersebut, dengan pembagian antara film-film berkelas dan massal. Tetapi sekarang, film merupakan satu-satunya sumber hiburan bagi orang-orang dan karenanya, mereka kembali ke bioskop untuk mendapatkan konten. Yeh saal aur bahkan agla saal kaafi bada hone wala hai, kyuki itne bade dan sakit melepaskan arahe hain."