28 Film Evolusi Shah Rukh Khan di Tahun 90-an, dari Horor, Aksi Menegangkan hingga Sindiran Sosial

28 Film Evolusi Shah Rukh Khan di Tahun 90-an, dari Horor, Aksi Menegangkan hingga Sindiran Sosial
28 Film Evolusi Shah Rukh Khan di Tahun 90-an, dari Horor, Aksi Menegangkan hingga Sindiran Sosial (Foto : Kolase by dmtalkies.com)

Antv – Tahun 2023 adalah tahunnya Shah Rukh Khan karena, setelah jeda lima tahun yang sangat panjang, pria dengan banyak julukan ini (Raja Bollywood, Baadshah, King Khan, King of Romance, dan lain-lain) kembali ke layar lebar. Tidak hanya dengan satu film tetapi tiga film: "Pathaan," "Jawan," dan "Dunki."

Dari ketiga film yang diluncurkan tahun ini, dua diantaranya 'Pathaan' dan 'Jawan' sukses meraih rekor bersejarah di box office, menjadi film terlaris sepanjang masa.

Hasil menelusuri filmografinya dan berbicara tentang eksperimennya, titik tertinggi, dan titik terendahnya. SRK diketahui telah membuat lebih dari 60 film layar lebar, tidak termasuk cameo, penampilan khusus, dan serial terbatas yang dirilis sebagai film.

Berikut daftar film di era tahun 1990-an, yang menjadi titik evolusi sosok Shah Rukh Khan:

1. 'Deewana' (1992, Sutradara Raj Kanwar)

Debut film layar lebar Shah Rukh telah menetapkan panggung untuk apa yang akan ia lakukan dalam karirnya. Ia memasuki layar lebar dengan sebuah aksi yang melibatkan dirinya mengendarai sepeda di atas pembatas antara jalanan dan lautan.

Lagu yang mengiringi momen tersebut, "Koi Na Koi Chahiye", langsung menjadi hit. Karakternya adalah kelas atas tetapi tidak membeda-bedakan saat ia jatuh cinta dengan seorang janda (yang dianggap sebagai topik yang tabu bahkan sampai sekarang).

Ia beradu akting dengan satu-satunya Rishi Kapoor. Dan ia memulai hubungan yang panjang dan penuh aksi dengan mendiang Amrish Puri.

2. 'Chamatkar' (1992, Sutradara Rajiv Mehra)

Red Chillies Entertainment milik Shah Rukh bertanggung jawab atas beberapa lompatan terbesar dalam VFX dan CGI, baik secara nasional maupun internasional.

Dan Anda dapat melihat di mana daya tarik dari tipuan digital ini dimulai karena film ini penuh dengan efek visual yang menakjubkan pada masanya.

Chemistry Shah Rukh dengan Naseeruddin Shah yang hebat sangat menggetarkan dan membuat film ini sangat menarik untuk ditonton.

Peran Khan juga melambangkan pandangan film ini tentang kelasisme dan perjuangan untuk memprioritaskan institusi pendidikan (yang akan bermanfaat bagi semua orang) di atas mal-mal (yang hanya akan menguntungkan para pemiliknya yang sudah kaya).

3. 'Dil Aashna Hai' (1992, Sutradara Hema Malini)

Meskipun film ini memiliki banyak arah yang berbeda, film ini melanjutkan tren Shah Rukh dalam memerankan seorang karakter kelas atas yang menyerahkan kekayaan dan statusnya untuk berdiri di belakang Laila, seorang wanita yang dipaksa bekerja di rumah bordil.

Meskipun film ini memiliki legenda-legenda seperti Jeetendra, Mithun Chakraborty, Dimple Kapadia, dan Amrita Singh, Shah Rukh tetap bersinar dengan cemerlang. Ia juga menunjukkan bakatnya dalam melakukan aksi-aksi berisiko dalam adegan penutup yang hambar.

4. 'Raju Ban Gaya Gentleman' (1992, Sutradara Aziz Mirza)

Sepertinya nuansa sentimen anti-kelasisme dalam peran-peran Shah Rukh Khan sebelumnya telah membawanya ke film ini. Khan dengan indah menuliskan kekacauan yang dirasakan seseorang ketika memasuki sebuah kota yang ramai seperti Mumbai dengan ambisi besar di dalam hatinya sementara menyimpan kebutuhan untuk bersikap jujur dan beretika.

Aziz Mirza dan timnya memberinya perlakuan superstar, lengkap dengan sinematografi yang luar biasa untuk menyoroti sisi-sisi lain dari dirinya dan sebuah naskah yang fantastis untuk membantunya melenturkan kemampuannya.

Dan film ini diakhiri dengan aksi menakutkan di mana Khan bergelantungan di kap mobil jip dan sebuah adegan perkelahian berdarah di dekat ruang sidang.

5. 'King Uncle' (1993, Sutradara Rakesh Roshan)

Anil yang diperankan oleh Shah Rukh Khan melawan kakaknya yang fasis, Ashok, yang tidak suka bersenang-senang. Akhirnya, Anil meninggalkan kekayaannya dan keluarganya untuk pergi dan berdiri di atas kedua kakinya sendiri dan hidup dengan cinta dalam hidupnya, Kavita, seseorang yang dibenci oleh Ashok karena sikap kelasnya yang mendarah daging. Itulah satu-satunya aspek positif dari film ini. Segala sesuatu yang lain benar-benar tercela.

6. 'Maya' (1993, Sutradara Ketan Mehta)

Terlepas dari sinematografi, pengeditan dan nuansa hantu yang luar biasa dari film ini, Shah Rukh Khan adalah aspek terbaiknya. Karena, tidak seperti para pemeran lainnya, pria ini benar-benar berkomitmen pada perannya untuk menunjukkan keluguan Lalit. Atau mungkin itu semua disengaja agar Khan tampil sebagai orang yang membumi dalam narasi.

Meskipun hal ini masih bisa diperdebatkan, tidak diragukan lagi bahwa Ketan Mehta dan Anoop Jotwani telah melakukan keajaiban mereka untuk membuat Khan terlihat menawan. Secara keseluruhan, film ini sangat diremehkan, dan penampilan Khan di dalamnya layak mendapatkan banyak apresiasi.

7. 'Baazigar' (1993, Sutradara Abbas-Mustan)

Shah Rukh Khan membuat saya benar-benar terkesima dan tidak bisa berkata-kata pada akhir perjalanan Ajay. Sepertinya Abbas-Mustan telah menyuruhnya untuk berhenti menahan diri, dan dia langsung mengayunkan pagar.

Dendam yang menggelegak di setiap urat tubuh Ajay dibuat sangat jelas oleh Khan. Dan ketika film ini masuk ke dalam wilayah genre horor pada 15-20 menit penutupnya, Khan bermetamorfosis menjadi sebuah kekuatan alam.

Para penonton benar-benar meneteskan air mata saat Ajay meninggal, meskipun tahu bahwa itulah satu-satunya cara untuk mengakhiri kisah balas dendamnya.

8. 'Darr' (1993, Sutradara Yash Chopra)

Berkat Yash Chopra, Shah Rukh dapat melanjutkan nuansa film horor dari 'Baazigar' dan bahkan memperkuatnya dengan beberapa tingkatan.

Kesombongan yang dilakukan Rahul saat menguntit benar-benar merayap di bawah kulit saya. Dan, meskipun menggambarkan seorang pria kelas atas yang manja, kali ini, Khan menunjukkan bagaimana ancaman yang sebenarnya bagi masyarakat adalah anak-anak pengangguran dari ayah yang kaya karena mereka memiliki banyak sumber daya yang dapat mereka pilih jika mereka memutuskan untuk melecehkan seseorang seperti Kiran.

Selain itu, ia menyoroti kemampuan akting akrobatiknya dengan mengambil bagian dalam sebuah aksi kejar-kejaran kaki yang menguras keringat di Mumbai, yang membuat Khan harus menabrakkan kepalanya ke tiang lampu.

10 'Anjaam' (1994, Sutradara Rahul Rawail)

Ini adalah salah satu film Shah Rukh Khan yang paling menakutkan. Film ini dirilis pada sebuah era di mana menguntit adalah hal yang normal.

Jadi, melihat Khan menyanyikan "Badi Mushkil Hai" di atas sebuah taksi tanpa tali pengaman dan tanpa VFX, seperti biasa, tidak benar-benar mempersiapkan Anda untuk apa yang akan terjadi.

Namun ketika Shivani benar-benar menolak Vijay, kita dapat melihat kedalaman yang dapat dieksplorasi oleh Khan untuk memasuki bukan hanya mimpi buruk para karakternya, tapi juga mimpi buruk kita.

Sebagian besar dari film ini adalah milik Madhuri Dixit, karena ia memberikan penampilan yang memilukan. Namun, kehadiran Shah Rukh Khan yang menusuk tulang terasa di sepanjang film.

11. 'Karan Arjun' (1995, Sutradara Rakesh Roshan)

Pada tingkat teknis, film ini melakukan segalanya dengan benar. Roshan menggunakan kehadiran Shah Rukh Khan dan Salman Khan di layar secara maksimal. Film ini mengkritik kastaisme dan kengerian yang ditimbulkan oleh orang-orang dari kasta atas terhadap penduduk desa.

Tetapi film ini perlu menghabiskan lebih banyak waktu di masa lalu untuk menanamkan rasa urgensi pada saudara-saudara yang telah bangkit dan untuk berempati pada keputusasaan ibu yang tidak memiliki anak, yang diperankan dengan cemerlang oleh Rakhee.

Apa yang sudah terjadi biarlah terjadi. Sekarang, kita dapat menantikan Shah Rukh dan Salman untuk kembali berbagi layar di YRF Spy Universe.

12. 'Zamaana Deewana' (1995, Sutradara Ramesh Sippy)

Saya belum pernah mendengar siapapun, bahkan penggemar berat Shah Rukh Khan sekalipun, membicarakan film ini. Ya, sulit untuk mengetahui apakah ini meta tentang kiasan "Romeo Juliet" atau sangat serius.

Tetapi bahkan jika Anda mengesampingkan semua itu, Anda akan mendapatkan pasangan di layar dalam bentuk Shah Rukh dan Raveena Tandon.

Dan ada dua tikungan brilian, salah satunya diselesaikan dengan Shah Rukh menyiram api dengan seluruh tubuhnya dan kemudian melompat ke dalam rumah yang dilalap api. Peringkat IMDb akan membuat Anda berpikir bahwa film ini tidak bisa ditonton, tapi patut dicoba.

13 'Guddu' (1995, Sutradara Prem Lalwani)

Tampaknya, Shah Rukh Khan membuat film ini untuk alasan sentimental daripada alasan logis. Mungkin itu juga alasan mengapa ia memutuskan untuk mengenakan topi botak.
Para pengemar tidak berpikir dia muncul sebagai seorang pria botak di layar setelah "Guddu."

Terlepas dari semua itu, film ini mencoba untuk membuat sebuah argumen antara ateisme dan teisme, dengan tokoh utama Khan, Guddu, yang terjebak di antara kedua orangtuanya yang tidak berfungsi.

Tapi karena para pembuat film ini sangat bersikeras untuk membuktikan bahwa teisme lebih unggul, maka hal itu tidak berhasil.

14. 'Oh Darling! Yeh Hai India!' (1995, Sutradara Ketan Mehta)

Penyutradaraan Ketan Mehta ini secara harfiah diremehkan. Namun ada juga yang memberikan pujian kepada Khan karena telah membintangi sebuah film yang sangat mendahului zamannya dalam hal mengkritik pengambilalihan korporasi di India, budaya nepotisme, dan betapa mudahnya kerusuhan dapat terjadi karena sebagian besar masyarakat umum kelaparan, menganggur dan tidak berpendidikan.

Juga, rasanya seperti Khan's Hero (nama karakternya) sedang memprediksi keadaan aktor India yang harus membunuh teroris fiksi di layar lebar agar dapat dirayakan dalam kehidupan nyata.

15. 'Dilwale Dulhania Le Jayenge' (1995, Sutradara Aditya Chopra)

The New York Times baru-baru ini merilis sebuah artikel tentang bagaimana Maratha Mandir, sebuah teater layar tunggal di Mumbai, telah memutar film ini tanpa henti selama 27 tahun terakhir.

Dan itu menjelaskan semua yang perlu dikatakan tentang film yang dipimpin oleh Shah Rukh Khan ini yang tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan sisi kehidupan yang tak tergoyahkan.

16. 'Ram Jaane' (1995, Sutradara Rajiv Mehra)

Dari menggambarkan polisi dan politisi sebagai penjahat hingga berbicara tentang penindasan sistemik, mahakarya yang diremehkan oleh Rajiv Mehra ini melakukan semuanya.
Dan di tengah-tengahnya, Shah Rukh Khan memberikan sebuah penampilan yang berlebihan dan sombong sambil menceritakan sebuah kisah yang sama sekali berbeda tentang gejolak batinnya melalui matanya.

Bisa dipastikan, jika seorang aktor kulit putih berada di posisi Khan, Ramjaane akan dipuji sebagai sebuah karakter yang ikonik.

Tetapi karena kita orang India tidak mengerti perbedaan antara akting yang berlebihan dan akting yang sengaja dibuat-buat, maka inilah dia.

17. 'Trimurti' (1995, Sutradara Mukul Anand)

Romi yang diperankan oleh Shah Rukh Khan secara harfiah merupakan jiwa dari film yang kacau ini karena siapapun yang merasukinya akan memenangkan peperangan antara yang baik dan yang jahat.

Ada beberapa bagian sinematografi dan desain produksi yang berani yang bertebaran di sepanjang film.

Tapi jika Anda ingin menontonnya dalam sekali duduk, Anda mungkin harus mabuk dan kemudian melakukan lompatan.

18. 'English Babu Desi Mem' (1996, Sutradara Praveen Nischol)

Pada saat-saat pembukaan film ini, Shah Rukh Khan melompat ke dalam sebuah gedung yang berapi-api, dan api semakin mendekatinya dibandingkan dengan yang terjadi pada "Zamaana Deewana." Itu adalah titik puncaknya.

Setelah itu, film ini hanya berkelok-kelok sampai akhir. Shah Rukh Khan memang memerankan karakter utama, saudara laki-lakinya, dan ayahnya.

19. 'Chaahat' (1996, Sutradara Mahesh Bhatt)

Film arahan Mahesh Bhatt ini menampilkan Shah Rukh Khan, Naseeruddin Shah, Ramya Krishnan, dan Pooja Bhatt yang membakar layar dengan penampilan mereka.

Film ini terasa seperti gabungan dari "Raju Ban Gaya Gentleman" dan "Darr", tetapi dengan Ajay yang diperankan oleh Khan sebagai korban dari sebuah cinta yang obsesif dan sepihak.

Bhatt ingin menunjukkan perbedaan antara ekspresi cinta antara orang kaya dan orang yang tertindas dan bagaimana orang kaya mendapatkan cinta dari rasa takut sementara orang yang tertindas menemukan empati bahkan di saat-saat terlemah mereka.

Selain itu, Bhatt menunjukkan bahwa penindasan memiliki batasnya, dan ketika orang biasa melanggar, tidak ada yang bisa menghentikannya. Dan pada saat "titik kritis" tersebut, Shah Rukh sangat brilian.

21. 'Koyla' (1996, Sutradara Rakesh Roshan)

Selain lagu-lagu ikonik dan lokasi-lokasi yang menakjubkan, film ketiga Roshan bersama Shah Rukh Khan ini dikenal karena momen ketika tubuhnya dibakar dan ia berlari di atas rel kereta api.

Tetapi apa yang tidak banyak dibicarakan adalah bahwa beberapa menit setelah melepaskan pakaiannya yang terbakar, Khan bergelantungan di sebuah mesin kereta api yang melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi dan masih hidup untuk menceritakan kisahnya.

Sisa film ini baik-baik saja karena film ini tidak dapat memutuskan apakah ia ingin berbicara tentang penindasan yang dihadapi wanita atau membiarkan Shankar membalas dendam sambil membuat Khan mengucapkan kalimat-kalimat yang paling konyol.

Untungnya, karena komitmen Khan pada peran ini, Anda tidak akan terlalu mempermasalahkannya.

22. 'Yes Boss' (1997, Sutradara Aziz Mirza)

Budaya kesibukan telah merusak kehidupan banyak orang sehingga untuk mempertahankannya, para profesional muda sekarang menormalkannya untuk mengatasi kenyataan bahwa mereka menyia-nyiakan hidup mereka di tempat kerja yang tidak ada gunanya.

Dan Shah Rukh Khan, Juhi Chawla, dan Aziz Mirza telah memperingatkan penonton tentang hal ini di tahun 90-an!

Bagaimanapun, film ini memberikan keseimbangan yang indah antara komedi, romansa, dan drama emosional, dengan Khan dan Chawla yang membuktikan bahwa mereka sangat baik dalam pekerjaan mereka.

Fakta menarik: selama "Chaand Taare," yang terasa seperti sebuah prediksi dari karir Khan, penggemar mendapatkan sekilas gambaran dari plot dimana kediaman Khan yang terkenal, Mannat, sekarang berdiri. Bukankah itu ajaib?

23. 'Dil To Pagal Hai' (1997, Sutradara Yash Chopra)

Chopra menghiasi Khan dengan segala sesuatu yang diperlukan untuk membuatnya menjadi seorang pahlawan romantis yang klasik.

Tetapi di balik semua itu, Khan dan Yash Chopra, bersama dengan Aditya Chopra, Pamela Chopra dan Tanuja Chandra, mengomentari teori auteur dan perjuangan pribadi Yash Chopra dalam menceritakan sebuah kisah romantis dalam lanskap sinematik tersebut.

Kesombongan Rahul tentang menjadi sutradara terbaik yang bermain-main dengan memberikan roman terbarunya sebuah akhir yang realistis atau menyenangkan bagi para penonton, semuanya mengarah pada teori tersebut.

Jika itu terlalu sulit untuk dicerna, ketahuilah bahwa Khan, Madhuri Dixit, dan Karisma Kapoor benar-benar memukau dalam film yang terlihat sangat indah ini.

24. 'Pardes' (1997, Sutradara Subhash Ghai)

Untuk sebagian besar, Arjun yang diperankan oleh Shah Rukh secara pasif mengamati pembajakan kehidupan Ganga secara bertahap oleh Kishorilal dan putranya, Rajiv.

Tetapi hal ini secara mengejutkan membuat sikap anti-NRI dari film ini muncul ke permukaan. Dan empati Khan terhadap Ganga, tepat setelah ia dilecehkan secara seksual oleh Rajiv, sangat kontras dengan sikap mempermalukan korban dari ayah Ganga.

Namun, sebagai sebuah film keluarga Bollywood dari tahun 90-an, semua orang kecuali para penjahat yang jelas-jelas ada, diberikan sambutan yang hangat dan penuh senyuman setelah tindakan kefanatikan mereka.

Sampai saat itu, film ini baik-baik saja. Juga, film ini memberikan penonton "Yeh Dil," di mana Shah Rukh mengekspresikan semua rasa kesepian dan patah hati yang penuh dengan emosi.

25. 'Duplicate' (1998, Sutradara Mahesh Bhatt)

Meskipun aktor yang memainkan peran ganda diharapkan untuk memerankannya dengan cara yang berbeda, namun ketika Anda melihatnya beraksi, hal ini masih terlihat seperti keajaiban.

Dan, tentu saja, Shah Rukh Khan berhasil melakukannya dengan mudah. Departemen VFX layak mendapatkan banyak pujian untuk interaksi fisik antara kedua Khan.

Interaksi tersebut nyaris tanpa cela. Sisa dari film ini baik-baik saja. Ada dua lagu yang luar biasa, yaitu "Mere Mehboob Mere Sanam" dan "Kathai Aankhon Wali." Jadi, itu adalah nilai tambah.

26. 'Dil Se..' (1998, Sutradara Mani Ratnam)

"Dil Se..." merupakan sebuah film yang rumit untuk dibicarakan saat itu. Ini adalah sebuah film yang rumit untuk dibicarakan bahkan sampai sekarang.

Film ini merupakan rumah bagi salah satu nomor musik terbaik yang pernah ada dalam film, milik Shah Rukh Khan, Malaika Arora, Mani Ratnam, Santosh Sivan, Farah Khan, A.R. Rahman, Gulzar, Suresh Urs, dan semua orang yang ada di dalam kereta api yang digunakan untuk membuat lagu "Chhaiya Chhaiya".

Faktanya, semua lagu tersebut adalah mahakarya murni. Film ini layak mendapatkan pujian karena menyoroti kejahatan yang dilakukan oleh Angkatan Darat India dan bagaimana mereka yang tidak terdengar dan tertindas harus mengangkat senjata untuk memperjuangkan hak-hak mereka.

Khan dan para pemain dan kru lainnya menunjukkan keberanian yang besar untuk mengasosiasikan diri mereka dengan proyek ini. Sayangnya, penceritaan Ratnam tidak memberikan keadilan pada subjeknya.

27. 'Kuch Kuch Hota Hai' (1998, Sutradara Karan Johar)

Karena Shah Rukh telah berusia 50-an, semua orang mengatakan kepadanya untuk mengambil peran-peran kebapakan di layar. Dan perannya sebagai Ayah Rahul membuktikan hal tersebut.

Hubungannya dengan Anjali yang diperankan oleh Sana Saeed begitu menawan dan menggemaskan sehingga mengalahkan apa pun yang terjadi dengan Anjali yang diperankan oleh Kajol dan Tina yang diperankan oleh Rani.

Lihatlah, Johar mencoba untuk membuat sebuah poin tentang bagaimana para duda harus menikah jika mereka menginginkannya, dan para wanita tidak boleh memasuki sebuah pernikahan tanpa cinta. Namun, rute yang diambil untuk mencapai titik tersebut benar-benar menghebohkan.

28. 'Baadshah' (1999, Sutradara Abbas-Mustan)

Film ini terbuat dari elemen-elemen dari "Nick of Time," "Rush Hour," dan "If Looks Could Kill." Dan hal itu sama sekali tidak menghalangi pengalaman menonton penggemar karena terlalu terpesona oleh karisma dan timing yang tepat dari Shah Rukh Khan.

Semua lelucon dan lelucon visualnya mendarat dengan sangat baik. Dan sebagai tambahan dari semua lagu yang luar biasa, terdapat satu lagu lagi ("Baadshah O Baadshah") yang sepertinya merangkum ketenaran pria ini.

Satu-satunya keluhan adalah bahwa film ini seharusnya memiliki beberapa sekuel dengan Raj Khan dan anggota tim lainnya yang tanpa sadar mengungkap konspirasi pemerintah dan perusahaan dan kemudian menyelesaikannya.