Ketika Film Jawan Meraih Cuan Rp2,06 Triliun Lebih, Siapa yang Mendapatkan Keuntungan?

Ketika Film Jawan Medapatkan Keuntungan Rp2,06 Triliun Lebih, Siapa yang Mendapatkan Keuntungan?
Ketika Film Jawan Medapatkan Keuntungan Rp2,06 Triliun Lebih, Siapa yang Mendapatkan Keuntungan? (Foto : Tangkap Layar)

AntvFilm Jawan yang dibintangi Shah Rukh Khan telah melewati angka Rs 1000 crore (setara Rp2,06 triliun), pada hari Senin (25/9/2023), dan menjadi film Hindi ketiga yang melakukannya, dan film kedua di tahun ini.

Aamir Khan merupakan bintang pertama yang masuk ke dalam klub ini, dengan film drama biografi olahraganya, 'Dangal', pada tahun 2016.

Film Pathaan yang dibintangi superstar Bollywood Shah Rukh Khan bersama Deepika Padukone pada awal tahun ini juga meraih prestasi yang sama.

Saat melihat film Bollywood dengan pemasukan sebesar Rs 1000 crore yang ketiga, berikut ini adalah sebuah tinjauan tentang apa arti dari angka-angka tersebut, dan siapa yang mendapatkan bagian dari jumlah yang sangat besar tersebut.

Para produser

Secara kasar, 45-50% dari koleksi box office bersih jatuh ke tangan produser. Dalam kasus Jawan, Red Chillies Entertainment akan mendapatkan bagian terbesar dari koleksi tersebut.

Pembagian yang lebih sederhana dari koleksi box office

Produser dan analis bisnis film, Girish Johar menjelaskan pembagian ini secara rinci, "Jika tiketnya seharga ₹100, sekitar ₹25 untuk pajak hiburan. ₹75 dibagi antara distributor dan peserta pameran, yang secara garis besar dibagi menjadi dua bagian. Dari 37,5% dari harga tiket, distributor mengambil 10% dan sisanya untuk produser."

Ia menambahkan, "Jika produser mengambil ₹30 dari ₹100. Dari bagian produser, aktor utama mengambil sekitar lima persen dari bagian produser dari koleksi box office. Aktor utama juga mengambil persentase keuntungan dari seluruh pendapatan secara normal - yang mencakup hak satelit, digital, dan hak musik."

Bagaimana angka ₹1000 crore menjadi angka ₹100 crore yang baru dalam waktu satu dekade?

Ketika Dilwale Dulhaniya Le Jayenge mencetak seratus crore rupee di box office, ini merupakan sebuah tolak ukur baru, dan sekarang ini merupakan sebuah norma bagi film-film besar untuk melewati angka tersebut di akhir pekan pertama mereka.

Terlepas dari inflasi dan meningkatnya daya beli di negara ini, alasan utama dari peningkatan angka-angka ini adalah perluasan dari jaringan-jaringan bioskop multipleks.

Peserta Promosi

Peserta pameran berada di urutan berikutnya dalam hirarki pembagian keuntungan dan mendapatkan 30-40% dari total koleksi box office (koleksi kotor) setelah dikurangi pajak hiburan (koleksi bersih).

Distributor

Distributor mendapatkan bagian 15-20% dari total pendapatan box office sebuah film.

Aktor utama

Semua film yang telah melewati angka ₹1000 crore dibintangi oleh bintang-bintang besar Bollywood - Shah Rukh Khan dan Aamir Khan.

Para aktor ini telah mengambil persentase pembagian keuntungan dalam bisnis film untuk beberapa waktu sekarang. Secara kasar, lima persen dari total pendapatan box office mencapai aktor utama.

Girish setuju: "Tentu saja, multiplex dan kenaikan harga tiket telah memainkan peran utama. Sebelumnya kami adalah industri ₹1000-2000 crore dan sekarang kami mencatat lebih dari ₹5000 crore. Sekarang, mereka menyumbangkan sekitar 70% dari box office pasar Hindi, termasuk sulih suara (Hollywood). Mereka masih terus berekspansi karena begitu banyak kota di negara ini yang merupakan kota yang masih baru untuk multiplex."

CEO dari Galaxy Cinemas, Rajkot, Rashmikant Bhalodia, juga setuju bahwa harga tiket yang tinggi di multipleks telah memainkan peran utama dalam meningkatkan angka box office selama bertahun-tahun.

Kontribusi dari multipleks

Direktur Eksekutif dari PVR INOX Limited, Sanjeev Kumar Bijli mengatakan, "Terdapat lebih sedikit layar multipleks sebelumnya, dengan penetrasi di kota-kota Tier-2 dan Tier-3, layar multipleks telah meningkat dan kini dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk mencapai angka ajaib (sebesar ₹1000 crore). Pertumbuhan format layar besar seperti IMAX, PXL, BIGPIX dan format-format eksperimental seperti 4DX, MX4D, ICE untuk menayangkan film-film ini juga telah berkontribusi." Ia menambahkan bahwa para pemilik bioskop yang mengakomodasi pertunjukan maksimum (secara praktis memungkinkan), berdasarkan permintaan para penonton, juga berperan dalam membuat film-film ini lebih besar di box office."

Ia juga berbicara tentang perubahan pola menonton bioskop pasca pandemi. "Pandemi menyebabkan gangguan sementara pada kebiasaan menonton bioskop sebagai tujuan hiburan di luar rumah. Setelah konten mulai beresonansi dengan penonton, kami menyaksikan angka box office yang belum pernah dicapai dalam sejarah bioskop dengan jelas membuktikan bahwa tidak ada batasan yang ditetapkan untuk kesuksesan sebuah film."

Sajeev Kumar juga mengatakan, "Film-film yang sukses di multipleks dapat diberikan waktu tayang yang lebih lama, dan hal ini memberikan lebih banyak waktu untuk menarik penonton dan menghasilkan pendapatan. Periode pemutaran yang diperpanjang ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap skor keseluruhan film," pungkasnya.