Intip Prestasi Gibran Rakabuming, Calon Wakil Presiden yang Turunkan Kemiskinan di Solo

Intip Prestasi Gibran Rakabuming, Calon Wakil Presiden yang Turunkan Kemiskinan di Solo
Intip Prestasi Gibran Rakabuming, Calon Wakil Presiden yang Turunkan Kemiskinan di Solo (Foto : Istimewa)

Antv – Gibran Rakabuming, calon wakil presiden Prabowo Subianto tahun 2024, mempunyai segudang prestasi yang tak terbantahkan, salah satunya penurunan angka kemiskinan di Kota Solo.

Dalam sejarah perkembangan kepemimpinan Gibran di Kota Solo, tahun 2022 mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Prestasinya dalam mengawal dan mengembangkan kota menjadi nilai plus, khususnya dalam meningkatkan perekonomian dan menurunkan angka kemiskinan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan “Surakarta Dalam Angka 2023” pada Selasa, 28 Februari 2023, yang menunjukkan bahwa PDB Solo akan meningkat sebesar 6,25 persen pada tahun 2022.

Angka tersebut menunjukkan pencapaian yang patut dicatat dalam mendorong perekonomian kota tersebut.

Penurunan angka kemiskinan di Solo juga merupakan pencapaian yang patut dicatat. Pada tahun 2021, terdapat 48.790 jiwa atau 9,40 persen penduduk Solo akan hidup dalam kemiskinan.

Pada tahun 2022, jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan mengalami penurunan sebanyak 2.850 orang sebagai dampak dari kebijakan dan tindakan yang diterapkan.

Sebab, dengan adanya wabah Covid-19, angka kemiskinan pada tahun 2021 lebih tinggi dibandingkan tahun 2020. Ini adalah tahun pertama kepemimpinan Gibran, bukan hanya di Solo saja. hal ini terjadi di setiap kabupaten dan kota di Indonesia.

Sebaliknya, berdasarkan statistik yang dihimpun pada tahun 2012, angka kemiskinan di Solo akan berada pada titik terendah pada tahun 2022. Pada tahun 2019, terdapat 45.180 jiwa, atau 8,70 persen dari total penduduk, hidup dalam kemiskinan di Solo.

Data pada Gambar 2023 juga menunjukkan penurunan indeks kedalaman kemiskinan sebesar 0,76 persen dan indeks keparahan kemiskinan Surakarta sebesar 0,27 persen. Penurunan ini menunjukkan berkurangnya disparitas pengeluaran antar kelompok miskin.

Rakabuming Gibran Rakabuming telah berhasil membawa Solo menuju kemakmuran dan pertumbuhan jangka panjang melalui visi dan dedikasinya.

Prestasinya merupakan bukti nyata bahwa kepemimpinan yang cakap dan berpikiran maju dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara signifikan.

Cetak Sejumlah Prestasi di Solo

Sepanjang menjabat Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming menorehkan banyak prestasi. Solo berhasil diubah secara efektif oleh putra sulung Presiden Joko Widodo ini melalui beberapa upaya pembangunan berskala besar.

Inilah prestasi-prestasi utama Gibran Rakabuming Raka selama menjabat Wali Kota Solo; hal tersebut mencakup revitalisasi regional, penghargaan, dan proyek infrastruktur.

1. Menghidupkan kembali Koridor Gatot Subroto dan Ngarsopuro