TPN Ganjar-Mahfud: XVG Talents Momentum Angkat Kearifan Budaya Lokal untuk Industri Kreatif

TPN Ganjar-Mahfud: XVG Talents Momentum Angkat Kearifan Budaya Lokal untuk Industri Kreatif
TPN Ganjar-Mahfud: XVG Talents Momentum Angkat Kearifan Budaya Lokal untuk Industri Kreatif (Foto : Istimewa)

Antv – Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo -Mahfud MD, Arsjad Rasjid mengatakan industri kreatif merupakan salah satu fokus Ganjar-Mahfud ke depan.

Arsjad Rasjid mengatakan pelaksanaan Extravaganjar (XVG) Talents salah satu cara melahirkan talenta-talenta baru dalam industri kreatif di Indonesia.

Arsjad meyakini jika akan muncul talenta berbakat dari berbagai penjuru tanah air yang unjuk kebolehan di ajang ini. Kehadiran mereka sebagai bukti bahwa musisi lokal dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri bahkan dapat bersaing pula di kancah internasional.

Kualitas SDM yang baik dari sektor musik tentu akan berjalan beriringan dengan meningkatnya kualitas industrinya.

"Di sini saya mewakili Pak Ganjar dan Pak Mahfud intinya adalah bagaimana industri kreatif ini adalah bagian utama ke depan. Ini sudah masuk programnya," kata Arsjad di Rumah Kita XVG, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12).

Lanjut Arsjad, Ganjar ingin memastikan industri kreatif indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bahkan bisa mengeksplor supaya bisa dilihat oleh dunia supaya bisa lebih besar lagi.

"Ajang ini menjadi momentum agar kearifan budaya lokal terus kita angkat," ujar Arsjad Rasjid dalam acara Extravaganjar Talent.

"Selalu dipesankan jangan sampai kita kehilangan kearifan lokal, budaya kita. Kita punya kekayaan. Bali oleh punya pantai yang bagus-bagus, tapi Bali tanpa budayanya tidak akan menarik. Budaya itu yang jadi kunci. Itu yang harus kita bangun," bebernya.

Arsjad pun turut menyaksikan penampilan para finalis sekaligus memberikan hadiah dan piala kepada sang juara. Dia memuji bakat dari para peserta yang semakin meningkatkan semangat untuk terus memajukan industri musik Indonesia yang menjadi bagian dari industri kreatif.

"Ini adalah perjuangan kita bersama, gotong rotong perlu kita lakukan bersama untuk memastikan Indonesia bisa lebih maju dimana industri kreatif dan ini menjadi utama di Indonesia ke depan," pungkasnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Raiden Soedjono mengatakan ajang ini bertujuan memperkenalkan kampanye menyenangkan, kampanye dengan lomba kompetisi.

"Lomba cover lagu dan juga cipta lagu semuanya bertemakan untuk Ganjar-Mahfud. Ini animonya tinggi kita mendapatkan lebih dari 200 peserta yang harus kita akurasi," kata dia.

Dimana pemenang pertama pada grup band Solasee Band, pemenang pertama penyanyi solo Mala, dan pemenang pertama cipta lagu Dendi Aditya.

Final XVG dihadiri oleh sejumlah musisi diantaranya Ruth Sahanaya, Once Mekel, Ipank Lazuardi, Andre Hehanusa, Lita Zein dan lain lain.