Ganjar-Mahfud Akan Perkuat Pangan Dalam Negeri Demi Kesejahteraan Petani Hingga Nelayan

Ganjar-Mahfud Akan Perkuat Pangan Dalam Negeri Demi Kesejahteraan Petani Hingga Nelayan
Ganjar-Mahfud Akan Perkuat Pangan Dalam Negeri Demi Kesejahteraan Petani Hingga Nelayan (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, berkomitmen untuk membawa kemakmuran bagi para petani, peternak, dan nelayan

Komitmen ini tercermin dalam visi misi Ganjar-Mahfud yang menekankan pencapaian 'Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari'.

Dalam kerangka visi misi tersebut, Ganjar-Mahfud berusaha untuk meningkatkan nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, dan kesejahteraan peternak. Selain itu, mereka akan menerapkan kebijakan perdagangan yang mendukung produksi dalam negeri.

Peningkatan kesejahteraan ini melibatkan upaya untuk menghentikan alih fungsi lahan, dengan tujuan memastikan bahwa lahan subur dan produktif diberikan kepada petani kecil dan buruh tani. Selain itu, pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk memperkuat pengelolaan tata ruang yang adil dan berkelanjutan.

Khudori, seorang pengamat pangan dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), menyoroti pentingnya perhatian terhadap modal kerja bagi para petani sebagai langkah kunci dalam meningkatkan kesejahteraan petani, nelayan, dan peternak. 

Oleh karena itu, ia menekankan perlunya pemerintah untuk mendukung secara masif penyediaan modal bagi kelompok tersebut.

"Keberadaan modal usaha dengan persyaratan yang mudah dan tingkat bunga rendah dari pemerintah memiliki peran yang sangat krusial," ujar Khudori saat dikonfirmasi pada hari Senin (20/11/2023).